KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 PADANG

Authors

  • Marissa Fitri Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat
  • Afnita . Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpbp.v26i2.17925

Keywords:

Korelasi, Membaca Pemahaman, Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP N 11 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N 11 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N 11 Padang. Ditinjau dari cara kerja, tujuan, dan permasalahan yang dikemukakan jenis penelitian ini adalah kuantitatif.  Alasan penelitian ini dikatakan penelitian kualitatif karena data yang diolah berupa angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data, dan penampilan hasilnya. Angka dalam penelitian ini adalah (1) skor dan nilai keterampilan membaca pemahaman siswa yang dikumpulkan dengan tes objektif, dan (2) skor dan nilai keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang di kumpulkan dengan tes unjuk kerja. Hasil yang diperoleh melalui rumus Spearman Brown ditafsirkan kedalam  untuk mengetahui reliable atau tidaknya tes tersebut dengan taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) n-1. Jika hasil yang diperoleh  lebih kecil dari , berarti soal tersebut dikatakan reliable. Berdasarkan analisis reliabilitas tes tersebut, reliabilitas tes uji coba instrumen keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang tergolong sangat tinggi karena  berada pada rentangan 0,800-1,00. Dapat disimpulkan bahwa instrument tes uji coba reliable.

References

Agustina. 2008. Pembelajaran Keterampilan Membaca. Padang: UNP

Arikunto, S., 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi V). Jakarta: Rhineka Cipta.

Javed, Juan, & Nazli. 2013. A study of Student's Assessment in Writting Skills of the English Language. International Journal of Instruction. Jully 2013. Vol 6, No 2 p-ISSN: 1694-6096X.

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

SEPTEMBER 2020