PENERAPAN PENILAIAN HASIL BELAJAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Surya M. Hutagalung, Ariandi ,, Dandi Manurung, Dwi Valentina, Tiarma K. Siallagan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Medan pada mata pelajaran bahasa Jerman kelas XI tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada mata pelajaran Bahasa Jerman penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013 belum diterapkan secara menyeluruh. SMA Negeri 4 sudah menerapkan Kurikulum 2013 di semua mata pelajaran, termasuk Bahasa Jerman. Penilaian hasil belajar pada kompetensi sikap, teknik penilaian yang sering dilakukan dengan jurnal dan observasi. Penilaian hasil belajar pada kompetensi pengetahuan, teknik penilaian yang sering dilakukan dengan tes tertulis dan penugasan. Penilaian hasil belajar pada kompetensi keterampilan, teknik penilaian secara praktik dan portofolio.

Keywords


Evaluasi; Penerapan; Penilaian Kurikulum 2013; Bahasa Jerman

Full Text:

PDF

References


Alimuddin. (2014). Prosiding Seminar Nasional: Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Tidak diterbitkan. Diunduh dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://journal.uncp.ac.id/index.php/preceding/article/view/220/209&ved=2ahUKEwi95YfTm63oAhXFc30KHSaaDJsQFjABegQIBhAL&usg=AOvVaw hari Sabtu, 21 Maret 2020 Pukul 13.35

Arikunto, S. (2001). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Tidak diterbitkan. diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/7173 hari Sabtu, 21 Maret 2020 Pukul 12.50

Sutama, G. A. S., & Fuadi, D. (2017). Pengelolaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Di SMA. Tidak diterbitkan. Diunduh dari http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/2967 hari Sabtu, 21 Maret 2020 Pukul 13.04




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i1.18168

Article Metrics

Abstract view : 356 times
PDF - 458 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.