PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KUSA APATI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V

Eka Rahayu Martha Suci, Muhammad Japar, Tria Mardiana

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Kusa Apati terhadap hasil belajar Matematika kelas V. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini akan menggunakan metode Quasi Experimental. Pada metode ini peneliti menggunakan dua kelas, kelas tersebut yaitu kelas V SD Negeri Geneng 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri Tempak 1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Data-data dalam penelitian ini akan dikumpulkan menggunakan instrumen pengumpul data yang berupa lembar soal tes. Hasil uji Mann Whitney U menunjukkan bahwa posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan, ditunjukkan dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000, (0,000<0,05). Bukti adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu adanya perbedaan signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar Matematika ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar Matematika kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 77 dan kelas kontrol 53. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan Media Kusa Apati berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika Siswa Kelas V.


Keywords


Discovery Learning; Hasil Belajar; Media

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, G. 2018. “Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA.”

Arifin, Z., Kamsiyati, S., & Atmojo, I. 2013. “Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Realita Terhadap Hasil Belajar IPA.”

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Rosdakarya.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Istiningsih, A., Mawardi & Permata, H. K. I. (2019) ‘Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping’, Edukasi Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 11(1), pp. 1–16.

Mardiana, T. & Purwandari, S. (2018) ‘Pengembangan Desain Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Matematika SD Untuk Tipe Kecerdasan Interpersonal Naturalis Dan Logika’, MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), pp. 126–142.

Puspitasari, A., Hermahayu and Purnanto, A. W. (2018) ‘Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Dengan Media Hide And Seek Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA’, Edukasi Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 10(2), pp. 137–148.

Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prrenada Media Group.

Subur. 2015. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i1.18211

Article Metrics

Abstract view : 210 times
PDF - 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.