COVID-19: TINGKAH LAKU MAHASISWA YANG MENUNJUKKAN KETIDAKBERDAYAAN DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI SECARA DARING

Albrian Fiky Prakoso

Abstract


Pembelajaran di Indonesia rata-rata masih dilakukan secara tatap muka di dalam kelas. Akibat adanya pandemi covid-19 mahasiswa diminta untuk belajar dari rumah. Hal ini membuat sebagian besar mahasiswa merasa kesulitan dalam mengikutinya. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran perilaku belajar mahasiswa yang tidak berdaya pada pembelajaran ekonomi secara daring di universitas negeri surabaya (Unesa). Dengan begitu dosen dapat melakukan perbaikan terkait metode pembelajaran daring yang dilakukannya. Metode penelitian ini menerapkan metode statistik deskriptif. Survey dilakukan terhadap 61 mahasiswa program studi Pendidikan ekonomi Unesa yang sedang menempuh mata kuliah sejarah pemikiran ekonomi. Hasil yang didapat adalah sebagian besar mahasiswa berperilaku baik saat kuliah daring dan sebanyak 73,7% memiliki nilai diatas 60. Temuan terpenting dalam penelitian ini adalah walaupun secara umum mahasiswa cukup mampu mengikuti perkuliahan secara daring akan tetapi sebanyak 86,9% mahasiswa menginginkan kuliah dilakukan secara tatap muka di kelas. Hal ini merupakan mindset yang harus dirubah demi mendukung kebijakan new normal. Saran untuk peneliti berikutnya adalah mencari model pembelajaran daring yang diminati oleh mahasiswa agar mereka berpaling dari pembelajaran tatap muka di kelas.

Keywords


Perilaku Mahasiswa; Covid-19; Pembelajaran Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2014). Learning to Teach (10th ed.). New York: McGraw-Hill.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287, 112934. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “What” and “Why” of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268. https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Favale, T., Soro, F., Trevisan, M., Drago, I., & Mellia, M. (2020). Campus traffic and e-Learning during COVID-19 pandemic. Computer Networks, 176, 107290. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.comnet.2020.107290

Hajdúk, M., Dančík, D., Januška, J., Svetský, V., Straková, A., Turček, M., … Pečeňák, J. (2020). Psychotic experiences in student population during the COVID-19 pandemic. Schizophrenia Research. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.schres.2020.05.023

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2015). Theories of learning. Jakarta: Prenada Media.

Krishnamurthy, S. (2020). The future of business education: A commentary in the shadow of the Covid-19 pandemic. Journal of Business Research, 117, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.034

Kusurkar, R. A., Ten Cate, T. J., Vos, C. M. P., Westers, P., & Croiset, G. (2013). How motivation affects academic performance: a structural equation modelling analysis. Advances in Health Sciences Education, 18(1), 57–69. https://doi.org/10.1007/s10459-012-9354-3

Odriozola-González, P., Planchuelo-Gómez, Á., Irurtia, M. J., & de Luis-García, R. (2020). Psychological effects of the COVID-19 outbreak and lockdown among students and workers of a Spanish university. Psychiatry Research, 290, 113108. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113108

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., & Santoso, P. B. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar | EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th ed.). New York: McGraw-Hil.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V2I1.80

Stambough, J. B., Curtin, B. M., Gililland, J. M., Guild, G. N., Kain, M. S., Karas, V., … Moskal, J. T. (2020). The Past, Present, and Future of Orthopedic Education: Lessons Learned From the COVID-19 Pandemic. The Journal of Arthroplasty. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.arth.2020.04.032

Stipek, D. J. (2002). Motivation to learn: From theory to practice (4th Ed). Boston: Allyn & Bacon.

Trung, T., Hoang, A.-D., Nguyen, T. T., Dinh, V.-H., Nguyen, Y.-C., & Pham, H.-H. (2020). Dataset of Vietnamese student’s learning habits during COVID-19. Data in Brief, 30, 105682. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105682

Wulandari, I. M. (2020). Peran Guru Mengoptimalkan Unit Kesehatan Sekolah Untuk Melakukan Pencegahan Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 71–77. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V2I1.88

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.

Zhai, Y., & Du, X. (2020). Mental health care for international Chinese students affected by the COVID-19 outbreak. The Lancet Psychiatry, 7(4), e22. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S2215-0366(20)30089-4




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v26i2.18951

Article Metrics

Abstract view : 589 times
PDF - 917 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.