ANALISIS KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI (VERBAL DAN GAMBAR) MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA KONSEP SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

Ifan Cahya Kusuma, Sudarti .

Abstract


Salah satu strategi pada proses pembelajaran yang baik dalam mata pelajaran fisika yaitu pembelajaran berbasis multirepresentasi. Multirepresentasi sangat cocok dalam kegiatan pembelajaran fisika, agar dapat memudahkan pelajar untuk memahami konsep atau materi fisika dengan lebih baik. Sampel yang digunakan untuk melanjutkan penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember tahun angkatan 2019 yang berjumlah 42 mahasiswa. Metode yang digunakan yaitu Teknik pengumpulan data dengan kuisioner menggunakan media google form. Instrumen penelitian berisi 8 pertanyaan multirepresentasi dengan konsep spektrum gelombang elektromagnetik, 4 diantaranya pertanyaan berbentuk verbal, dan 4 sisanya menggunakan petanyaan berbentuk gambar. Hasil analisis yang diperoleh adalah presentase mahasiswa yang berhasil untuk memberikan jawaban dengan benar pertanyaan berbentuk verbal sebesar 80,4% sedangkan presentase mahasiswa yang berhasil untuk memberikan jawaban dengan benar pertanyaan berbentuk gambar sebesar 79,2%. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil kegiatan penelitian yang telah dilakukan bahwa tidak terjadi perbedaan yang signifikan dari pertanyaan multrirepresentasi berbentuk verbal dengan gambar.


Keywords


Multirepresentasi; Verbal; Gambar; Gelombang Elektromagnetik

Full Text:

PDF

References


Handayani, R, Sukarmin, & Sarwanto. 2018. Pengembangan Modul Fisika Multirepresentasi Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Dinamika Rotasi Dan Kesetimbangan Benda Tegar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA. Vol. 7, No. 3.

Hasbullah, Halim, & Yusrizal. 2018. Penerapan Pendekatan Multi Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan IPA. Vol 02, No 02.

Setyandaru, T.A., Wahyuni, S., & Putra, P.D.A. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran Fisika di SMA/MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 06, No 03.

Widianingtiyas, L., Siswoyo., & Bakri, F. 2015. Pengaruh Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika JPPPF. Vol 01, No 01.

Yuvita, A. 2012. Penggunaan Bahan Ajar Fisika Dengan Pendekatan Multirepresentasi. Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 01, No. 04.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i1.22277

Article Metrics

Abstract view : 279 times
PDF - 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.