PEMBELAJARAN PEER TEACHING BERBASIS ZOOM MEETING EFEKTIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA BASKET DI MASA PANDEMI COVID-19

Syaifuddin Zuhri Purnomo, Dwi Cahyo Kartiko, Abdul Rachman Syam Tuasikal

Abstract


Kondisi yang tidak dapat diperkirakan terdapatnya wabah penyakit Coronavirus Disease (Covid- 19) yang membuat pergantian dengan cara seketika pada bermacam zona. Keadaan itu pengaruhi perubahan-perubahan serta kebijaksanaan untuk diaplikasikan. Kebijaksanaan terkini yang mempengaruhi pembelajaran mengubah penataran yang sepatutnya tiba ke sekolah, dalam perihal ini sekolah menganjurkan pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran peer teaching berbasis zoom meeting terhadap hasil belajar bola basket di masa pandemic COVID-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi). Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data menggunakan presentase skor, jumlah, nilai, dan kategori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar dribbling dan passing bola basket dengan menggunakan pembelajaran peer teaching nilai rata-rata pada posttest > pretest. Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa pembelajaran peer teaching efektif diterapkan dalam belajar dribbling dan passing bola basket pada pandemi COVID-19.

Keywords


Pembelajaran peer teaching, zoom meeting, hasil belajar, bola basket, pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Asngari, A., & Sumaryanto, S. (2019). Peer teaching: a solution to overcome the imbalance of psychomotor performance and social interaction in physical education learning. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 215-231.

Jenkinson, K. A., Naughton, G., & Benson, A. C. (2018). A Stealth Intervention: The GLAMA (Girls! Lead! Achieve! Mentor! Activate!) and BLAST (Boys! Lead! Activate! Succeed Together!) School Connectedness, Peer Leadership and Physical Activity Transition Program. Australian Journal of Teacher Education, 43(1), 3.

Kastrena, E., Setiawan, E., Patah, I. A., & Nur, L. (2020). Pembelajaran Peer Teaching Berbasis Zoom Video sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli saat Situasi Covid 19. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 69-75.

Setiawan, E. (2019). Model model pembelajaran dalam pendidikan jasmani. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i1.25687

Article Metrics

Abstract view : 292 times
PDF - 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.