PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu macromedia flash terhadap hasilbelajar siswa pada materi pokok listrik dinamis. Populasi penelitian ini adalahseluruh siswa kelas X SMA N 17 Medan yang berjumlah 8 kelas. Sampeldiambil dua kelas secara acak yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitimenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu macromedia flash pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Setelahpembelajaran diberikan postes pada kedua kelas, dari hasil postes diperoleh nilairata-rata 73,00 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata 66,38 untuk kelaskontrol. Aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajaran kooperatiftipe TAI berbantu macromedia flash diperoleh rata-rata sebesar 64,73 dengankategori aktif. Dari hasil uji hipotesis diperoleh ada pengaruh yang signifikanmodel pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu macromedia flash terhadaphasil belajar siswa.
Kata kunci : aktivitas, kooperatif,macromedia flash, TAI.
Kata kunci : aktivitas, kooperatif,macromedia flash, TAI.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v21i1.2989
Article Metrics
Abstract view : 252 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)