PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan : 1) hasil belajarfisika dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif dan pembelajarankonvensional, (2) hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan numeriktinggi dan kemampuan numerik rendah, dan (3) interaksi antara strategipembelajaran kooperatif dan pembelajaran konvensional dengan kemampuannumerik dalam meningkatkan hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah QuasiEksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMAN 14 dan SMAN 21Medan. Sampel penelitian diambil 4 kelas yang ditentukan dengan teknik clusterrandom sampling, yaitu kelas eksperimen SMAN 14 sebanyak 40 orang danSMAN 21 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 orang. Untuk menguji hipotesisdilakukan dengan analisis varians (ANAVA) 2 x 2. Pengujian hipotesis dilakukandengan menggunakan analisis varians (ANAVA) 2 x 2 diperoleh harga sig. 0,000lebih kecil dari harga α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada interaksistrategi pembelajaran dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar fisika siswapada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMAN 14 dan SMAN 21 Medan.
Kata kunci : strategi pembelajaran, kemampuan numerik, hasil belajar.
Kata kunci : strategi pembelajaran, kemampuan numerik, hasil belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v21i1.2990
Article Metrics
Abstract view : 177 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)