UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKOLOGI HEWAN DENGAN TEKNIK MNEMONIK DAN MEDIA PETA KONSEP DI JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNIMED MEDAN

Masdiana Sinambela

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa membuat Teknik Mnemonik dan Peta Konsep sebagai strategi dalam Pembelajaran Ekologi Hewan di jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Unimed. Selanjutnya mnemonik dan peta konsep yang telah dibuat digunakan menjadi media pembelajaran pada saat mahasiswa presentase. Siklus pertama mahasiswa menerapkan teknik belajar mnemonik dan dikombinasikan dengan peta konsep. Pada siklus kedua diterapkan teknik mnemonik dikombinasikan dengan peta konsep ditambah penjelasan dari dosen dan pertanyaan. Alat pengumpul data pada setiap siklus terdiri atas essay tes, ditambah dengan lembar observasi. Tes dilakukan dua kali setiap siklus yaitu pertengahan siklus dan pada akhir siklus. Observasi dilakukan sepanjang siklus oleh observer dengan menggunakan lembar observasi. Observer adalah guru biologi yang mengajar pada kelas sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan teknik belajar Mnemonik pada siklus I bahwa mahasiswa yang memperoleh nilai A sebanyak 3 orang (5,1%), yang nilai B sebanyak 15 orang (25,4%), nilai C sebanyak 17 orang (29,8%), dan nilai E sebanyak 24 orang (40,7%), sehingga harus dilanjut ke siklus ke dua (II). Pada siklus ke dua (II) mahasiswa yang memperoleh nilai A sebanyak 5 orang (9,1%), nilai B sebanyak 20 orang (34,5%), nilai C sebanyak 21 orang (34,5%), dan nilai E sebanyak 13 orang (22,1%). Berdasarkan data di atas bahwa mahasiswa yang memperoleh nilai A, B, dan C sebanyak 46 orang (77,9%). Perolehan nilai mahasiswa pada siklus pertama (I) persentase kelulusannya 59,3% sedangkan pada siklus ke dua (II) meningkat menjadi 77,9% sudah mencapai target, yaitu persentase kelulusan di atas 75%.
Kata kunci: Upaya, Pembelajaran, Teknik Mnemonik, Peta Konsep, dan Media

Keywords


Upaya, Pembelajaran, Teknik Mnemonik, Peta Konsep, dan Media

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v20i2.3028

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)