PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SAPAAN FORMAL BAHASA JERMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAY

Resti Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara sapaan formal Bahasa Jerman siswa dengan menggunakan Metode Role Play di Kelas X SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X yang berjumlah 25 orang dan objek penelitian ini adalah Penggunaan Metode Role Play untuk meningkatkan keterampilan siswa berbicara Bahasa Jerman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk dialog dan observasi untuk melihat keterampilan berbicara siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis data diperoleh tes sebelum penggunaan Metode Role Play dengan nilai rata-rata 36,64, sedangkan pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 62,88. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 74,28 atau mengalami peningkatan. Berdasarkan observasi aktivitas belajar siswa didapat peningkatan dengan skor rata-rata 1,8 pada siklus I menjadi 2,8 pada siklus II. Karena keterampilan berbicara siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal maka pembelajaran dihentikan sampai siklus II. Penerapan Metode Role Play dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada KD Sapaan Formal Pelajaran Bahasa Jerman di Kelas X SMA Negeri 11 Medan.
Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Sapaaan Formal, Metode Role Play, .

Keywords


Keterampilan Berbicara, Sapaaan Formal, Metode Role Play, .

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v20i1.3057

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.