PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Abstract Penelitian ini bertujuan untuk membuat model awal bahan ajar matematika berbasis masalah terintegrasi ICT berikut perangkat pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D Thiagarajan, dkk. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan dan respon siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan serta skor tes kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian instrumen yang digunakan adalah format pengamatan, angket respon siswa dan tes. Teknik analisa data pada penelitian tahap ini adalah (1) analisis data hasil validasi ahli terhadap pengembangan bahan ajar dan perangkat pembelajarannya (2) analisis data respon siswa terhadap pembelajaran, pengamatan pada proses dan aktivitas siswa dalam pembelajaran (3) analisis data tes kemampuan berpikir kritis siswa berupa validasidan reliabilitas tes serta validasi isi oleh validator. Hasil penelitian berupa model awal perangkat pembelajaran yaitu RPP, buku pegangan guru (bahan ajar), lembar aktivitas siswa dan tes kemampuan berpikir kritis matematika yang telah valid oleh para ahli yaitu 3 orang dosen di jurusan matematika unimed. Instrumen yang diperoleh terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis siswa, angket respon siswa, format pengamatan proses pembelajaran dan format aktivitas siswa.
Keywords
Kata kunci: Bahan Ajar, PBL, ICT, Berpikir Kritis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v19i2.3063
Article Metrics
Abstract view : 579 timesPDF - 42 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)