STUDI PENDAHULUAN TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ARGUMENTASI ILMIAH MATA KULIAH FISIKA UMUM I DI KELAS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

Pintor Simamora, Sondang Manurung, Juniastel Rajagukguk

Abstract


Abstract Telah dilakukan penelitian berbasis pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah pada mata kuliah Fisika Umum I dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah masih tahap awal (pendahuluan dan perencanaan), yaitu; studi literatur tentang karakteristik pelaksanaan pembelajaran berbasis argumentasi, wawancara dan diskusi pada beberapa pakar tentang perlunya pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah. Selanjutnya dilakukan juga observasi terhadap aktifitas dan kegiatan argumentasi dosen dan mahasiswa pada beberapa perkuliahan fisika umum I. Untuk mendukung data hasil penelitian, kepada mahasiswa disebar angket untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah. Dari analisis data diperoleh bahwa pembelajaran berbasis argumentasi sangat disarankan oleh beberapa pakar sebagai model alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah Fisika Umum I. Pengembangan pembelajaran argumentasi memerlukan karakteristik standpoint atau starting point, perlakuan tahapan scaffolding (tahap inisisasi, pengembangan dan tahap penguatan) dianalisis dengan sistem coding. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pembelajaran yang berlangsung belum berbasis argumentasi ilmiah, hal ini nampak dari kurangnya interaksi ilmiah antara dosen dengan mahasiswa maupun antara sesama mahasiswa. Sehingga berdampak pada rendahnya tanggapan ilmiah mahasiswa terhadap masalah-masalah yang disampaikan dosen. Sedangkan mahasiswa sangat berharap pembelajaran dapat terlaksana dengan menggunakan metode argumentasi ilmiah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperlukan uji coba dan implementasi pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah untuk memperoleh peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah Fisika Umum I.
Kata kunci:


Keywords


Pembelajaran, Argumentasi ilmiah, Inkuiri, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v19i2.3065

Article Metrics

Abstract view : 210 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)