PENERAPAN RAGAM METODE PERKULIAHAN DAN GAYA BERFIKIR PADA MATA KULIAH EVALUASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIMED

Abil Mansyur, Asmin .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari variabel-variabel kecenderungan gaya berpikir (lateral dan vertikal) dan cara menganalisis data mahasiswa yang diajar dengan menggunakan program excel, program SPSS, dan cara manual terhadap variabel terikat yaitu hasil perkuliahan Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah dengan melakukan penelitian eksperimen. Variabel terikat adalah hasil perkuliahan Evaluasi Hasil Belajar Matematika dan variabel bebas adalah teknik analisis data tes yang terdiri dari penerapan pemakaian program excel, program SPSS, dan perhitungan secara manual. Variabel bebas atribut adalah kecenderungan gaya berpikir mahasiswa yang terdiri dari gaya berpikir lateral dan vertikal. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh gambaran, bahwa metode perkuliahan menggunakan program excel, program SPSS, dan cara manual, memberikan hasil yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Bahkan perbedaan ini terlihat juga jika diterapkan pada mahasiswa yang memiliki kecenderungan berfikir vertikal, namun tidak memberikan hasil yang berbeda jika diterapkan pada mahasiswa yang memiliki kecenderungan berfikir lateral.
Kata kunci: berfikir lateral, berfikir vertikal, hasil kuliah, manual, penggunaan komputer.

Keywords


berfikir lateral, berfikir vertikal, hasil kuliah, manual, penggunaan komputer.

Full Text:

PDF

References


Aiken, Lewis R., (1988). Psychological Testing and Assessment. Boston: Allyn and Bacon, Inc. Azwar, Saifuddin, (2001). Tes Prestasi. Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset Crocker, Linda, & Algina, James, (1986). Introduction to Classical nad Modern Test Theory. New York:: Holt, Rinehart and Winston, Inc. De Bono, Edward, (1987). Berpikir Lateral: Buku Teks Kreativitias. Jakarta: Erlangga. -------------, (1992). Mengajar Berpikir. Jakarta: Erlangga. -------------,(1992). Berpikir Praktis, Jakarta: Binarupa Aksara. Depdikbud RI., (1999) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika. Denova, Charles, C., (1979). Test Construction for Training Evaluation, New York: Van Nostrand Reinhold Company. Furchan, (1982). Pengantar Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional. Hariwibowo, H., (1994). Peranan Sistem Evaluasi Pada setiap dan Antar Jenjang Pendidikan, Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia II Kurikulum Untuk Abad Ke – 21. Jakarta: Grasindo. Hambleton, Ronald, K., Swaminathan, H., & Rogers, Jane Rogers, H., (1991). Fundamentals of Theory, London: Sage Publication. Hulin, Charles, L., Drasgor, Frits, & Parsons, Charles, K., (1983). Item Respons Theory, Application to Psychological Measuremant. Illinois: Dow Jones- Irwin Homewed. Kumaidi, (2000). Standarisasi Butir Soal, Journal Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 22. Grounlund, Norman. E & Linn, Robert L., (1995). Measurement and Assessment in Teaching, New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Lord, Frederic M., (1980). Applications of Item Response Theory to Paractical Testing Problems, New Jersey: Lawrence Erlbaum associates, Publishers




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v20i2.3074

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.