HUBUNGAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN DASAR SURVEY
Abstract
Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaansumber belajar dan minat belajar dengan hasil belajar Pengukuran Dasar Surveypada siswa kelas XI Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2Binjai dengan jumlah responden 30 orang. Variabel penggunaan Sumber Belajar(X1) dan Motivasi Belajar (X2) dijaring dengan angket. Hasil belajar MTD (Y)dijaring dengan observasi. Uji coba instrumen penggunaan Sumber Belajar (X1)diperoleh 25 valid, Minat Belajar (X2) diperoleh 24 valid. Dengan menggunakan uji normalitas chi kuadrat diperoleh data berdistribusi normal. Persamaan regresi Y atas X1 adalah Ŷ =81,89 - 0,12X1, dan mempunyai konstribusi yang linier padataraf signifikansi 5%. Persamaan regresi Y atas X2 adalah Ŷ = 77,804 + 2,3X2, dan mempunyai konstribusi yang linier pada taraf signifikansi 5%. Korelasi gandaantara X1 dan X2 terhadap Y menunjukkan korelasi yang positif dan berarti secarabersama-sama dengan r = 0,66 dan R = 0,43 yang berarti 66 % mata pelajaranPengukuran Dasar Survey dapat berkonstribusi dengan penggunaan SumberBelajar dan Minat Belajar dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya.Penggunaan Sumber Belajar cenderung tinggi, minat belajar dan hasil belajarPengukuran Dasar Survey cenderung cukup. Terdapat hubungan yang positifdan berarti secara bersama-sama antara Penggunaan Sumber belajar, minat belajardengan hasil belajar Pengukuran Dasar Survey. Untuk meningkatkan hasilbelajar Pengukuran Dasar Survey, perlu kiranya semua pihak untuk berperanaktif menanamkan ke dalam diri siswa bagaimana penggunaan sumber belajaryang baik dan positif, sehingga minat belajar ada dalam dirinya yang didasarkanrasa tanggung jawab belajar. 2
Keywords
Penggunaan Sumber Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar Pengukuran Dasar Survey.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A., 2007. Media Pembelajaran. Jakarta :
Raja Grafindo Persada.
Depdikbud. (1999). Kurikulum SMK Jurusan
Survey dan Pemetaan. Jakarta:
Depdikbud
GBPP. 2004. Kurikulum Sekolah Menengah
Kejuruan-Program Produktif. Jakarta :
Depdikbud
Sadiman, A., 2008. Media Pendidikan. Jakarta :
Raja Grafindo Persada.
Sugiono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung : Alfabeta
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung:
Tarsito.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v20i1.3233
Article Metrics
Abstract view : 177 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)