HUBUNGAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN DASAR SURVEY

Dedek Suhendro, Kristian .

Abstract


Abstract  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaansumber belajar dan minat belajar dengan hasil belajar Pengukuran  Dasar Surveypada siswa kelas XI Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton  SMK Negeri 2Binjai dengan jumlah responden 30 orang. Variabel penggunaan Sumber Belajar(X1) dan Motivasi Belajar (X2) dijaring dengan angket. Hasil belajar MTD (Y)dijaring dengan  observasi. Uji coba instrumen penggunaan Sumber Belajar (X1)diperoleh 25 valid, Minat Belajar (X2) diperoleh 24 valid. Dengan menggunakan uji normalitas chi kuadrat diperoleh data berdistribusi normal. Persamaan regresi  Y atas X1 adalah Ŷ =81,89 - 0,12X1, dan  mempunyai konstribusi yang linier padataraf signifikansi 5%. Persamaan regresi Y atas X2 adalah Ŷ = 77,804 + 2,3X2, dan mempunyai konstribusi yang linier pada taraf signifikansi 5%. Korelasi gandaantara X1 dan X2 terhadap Y menunjukkan korelasi yang positif dan berarti secarabersama-sama dengan r = 0,66 dan R = 0,43 yang berarti 66 % mata pelajaranPengukuran  Dasar Survey dapat berkonstribusi dengan penggunaan SumberBelajar dan Minat Belajar dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya.Penggunaan Sumber Belajar cenderung tinggi, minat belajar dan hasil belajarPengukuran  Dasar Survey cenderung cukup. Terdapat hubungan yang positifdan berarti secara bersama-sama antara Penggunaan Sumber belajar, minat belajardengan hasil belajar Pengukuran  Dasar Survey. Untuk meningkatkan hasilbelajar Pengukuran  Dasar Survey, perlu kiranya semua pihak untuk berperanaktif menanamkan ke dalam diri siswa bagaimana penggunaan sumber belajaryang baik dan positif, sehingga minat belajar ada dalam dirinya yang didasarkanrasa tanggung jawab belajar. 2










Keywords


Penggunaan Sumber Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar Pengukuran Dasar Survey.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A., 2007. Media Pembelajaran. Jakarta :

Raja Grafindo Persada.

Depdikbud. (1999). Kurikulum SMK Jurusan

Survey dan Pemetaan. Jakarta:

Depdikbud

GBPP. 2004. Kurikulum Sekolah Menengah

Kejuruan-Program Produktif. Jakarta :

Depdikbud

Sadiman, A., 2008. Media Pendidikan. Jakarta :

Raja Grafindo Persada.

Sugiono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung : Alfabeta

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung:

Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v20i1.3233

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)