MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PRESENTASI POWER POINT PADA SISWA KELAS V SDN 106825 BATANG KUIS

Wirda Hayatina Lubis, Akden Simanihuruk

Abstract


Abstrak  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitianini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar matematika denganmenggunakan media presentasi power point khususnya pada materi sifat-sifatbangun datar di kelas V SDN 106825 Batang Kuis semester 2 T.P 2014/2015.Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusterdiri dari dua pertemuan. Sebelum dilakukan tindakan, peneliti memberi pre-tesuntuk mengetahui kemampuan awal siswa dan untuk mengetahui gambarangambarankesulitanyangdialamisiswa.KemudiandilakukansiklusIdansiklusII
dengan
pemberian post tes pada akhir siklus, soal yang diberikan terdiri dari 20soal dengan menggunakan bentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari empatoption. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I terdapat 16 siswa (42,11%) yangtuntas dan 22 siswa (57,89%) tidak tuntas dan nilai rata-rata kelas adalah 61,05.Nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 82,5 dengan predikat baik dan nilaiaktivitas siswa pada siklus I sebesar 82,5 dengan predikat baik. Pada siklus IIterjadi peningkatan, terdapat 35 siswa (92,11%) yang tuntas dan 3 siswa (7,89%)yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 75,53. Nilai aktivitas guru pada siklus IIsebesar 92,5 dengan predikat baik sekali dan nilai aktivitas siswa pada siklus IIsebesar 95 dengan predikat baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwadengan menggunakan media presentasi power point dapat meningkatkan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi sifat-sifatbangun datar di kelas VBB SDN 106825 Batang Kuis. 



















Keywords


Media Presentasi Power Point dan Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan

Kelas (PTK) untuk Guru SD, SLB, TK.

Bandung: Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran.

Jakarta: Rajawali Pers.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif

Mengembangkan Media Pembelajaran.

Jakarta: Referensi.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006.

Standar Isi untuk Satuan Pendidikan

Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung:

Satu Nusa.

Dewi, Rosmala. 2010. Profesionalisasi Guru

melalui Penelitian Tindakan Kelas.

Medan: Pasca Sarjana Unimed.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara.

_______. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran.

Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Gaung Persada.

Negoro & Harahap, B. 2010. Ensiklopedia

Matematika. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sadiman, Arief dkk. 2010. Media Pendidikan:

Pengertian, Pengembangan, dan

Pemanfatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor myang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka

Cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media

Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suprijono, Agung. 2010. Cooperative Learning.

Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan.

Bandung :Rosdakarya.

Syarif, Ahmad. 2012. Sifat-sifat Bangun Datar.

(Online), dalam (http://webmatematik.blogspot.com/2012/09/sifatsifat-bangun-datar.html,

diakses 14

Agustus 2014).

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran

Inovasi-Progresif: Konsep, Landasan dan

Implementasinya pada Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:

Kencana.

Trisniawati. 2013. Hakikat Matematika.

(http://trisniawati87.blogspot.com/201

/01/hakikat-matematika.html),

diakses 14 Agustus 2014).




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v21i2.3369

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.