PENERAPAN METODE ACTIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATAKULIAH ILMU POLITIK DI JURUSAN PP-Kn

Budi Ali Mukmin, Halking ., Prayetno .

Abstract


Abstrak  Tujuan penelitian ini adalah menunjukkan penggunaan model activedebate dapat meningkatkan aktivitas belajar dan dapat meningkatkan hasil belajarmahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Jurusan PP-Kn, khususnya di kelas regularA pada mata kuliah Ilmu Politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitiantindakan kelas yang berawal dari permasalahan yang muncul di dalam kelas. Teknikyang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dannon tes. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda dan non tes bersifat lembarobeservasi aktivitas kegiatan belajar mahasiswa. Hasil aktivitas menunjukkanbahwa keberanian mengungkapakan argumentasi (0,64%) kategori baik,keterampilan bertanya (0,62%) kategori baik, kemampuan menjawab (0,80%)kategori baik, menyampaikan pendapat (0,64%), kategori baik. Penguasaan materi(0,66%) dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanmetode active debate memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan aktivitasbelajar dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dari data penelitian dapatdilihat bahwa respon mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Politik mendapatkan responyang sangat baik dan pembelajaran yang menyenangkan. 








Keywords


Active Debate, Ilmu Politik, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ambarjaya, S B. 2012. Psikologi Pendidikan dan

Pengajaran Teori dan Praktik.

Yogyakarta. Penerbit CAPS.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka

Cipta.

Halking dan Mukmin, B A. 2014. Sistem

Politik Indonesia. Medan. Unimed.

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar.

Bandung. Sinar Baru.

Hidayah N. et,all. 2008. Media Visual Sebagai

Penunjang Pembelajaran Kooperatif Pada

Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Politik.

Sebuah penelitian di Program Studi Pendidikan Sejarah. Universitas

Yogyakarta.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif.

Medan. Media Persada

Sani, A, R dan Sudiran. 2012. Penelitian

Tindakan Kelas. Medan. Perdana Mulya

Sarana.

Sardiman. A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Silberman, Mel. 2013. Active Learning 101

Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta.

Putaka Insan Madani.

Pratiwi, Eka A, I. 2012. Peningkatan

keterampilan Berbicara Dengan Metode

Debat Plus dalam Proses Pembelajaran

Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI IPA

SMA Parawisata Kertha Wisata

Denpasar. Thesis. Pascasarjana.

Denpasar. Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v21i2.3370

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.