PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMP NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, (1997), Classroom Instruction and
Management, USA, McGgraw-Hill
Company.
Arikunto, Suharsini, (2002), Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara,
Jakarta.
Arikunto, Suharsimi dkk (2006). Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi
aksara Jakarta.
Asri. C, (2005), Belajar dan Pembelajaran,
Rineka Cipta, Bandung.
Dahar, (1988), Teori-Teori Belajar, Erlangga:
Jakarta.
Lie, A. (2002), Cooperative Learning, Grasindo :
Jakarta.
Lundgren, Linda, (1994), Cooperative Learning
in the Science Classroom. Ney York :
Ohio : Glencoe, Mc Graw-Hill.
Muslimin, dkk. (2000), Pembelajaran
Kooperatif. Buku Ajar Pengembangan
Guru Sekolah Menengah. Surabaya :
Pusat Sains dan Matematika
Sekolah.
Nur, (2000), Strategis-strategis Belajar,
Surabaya: Unese Press.
Panjaitan, (2001), Pembelajaran Fisika Dasar II
Berorientasi Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD, Surabaya,
UNESA.
Depdiknas Dirjen Dikti, (2005), Pedoman
Penyusunan Usulan dan Laporan
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research). Jakarta : Direktorat
Pembinaan Pendidikan Tenaga
Kependidikan dan ketenagaan
perguruan tinggi.
Pujiastuty, (2007), Penerapan Strategi
mengajar Cooperative Learning Melalui Pendekatan Belajar Jigsaw
dalam Membentuk Sikap
Demokrasi, Canopy, Vol 1 : 39-51.
Slavin, R.E. (1997), Educational Psychology :
Theory and Practice. Massachussetts.
Allyn and Bacon Publisher.
Winkel. S, (1991), Psikologi Pengajaran.
Yogyakarta : Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v21i2.3372
Article Metrics
Abstract view : 257 timesPDF - 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)