PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMP NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR

Torang Sirait

Abstract


Abstrak  Salah satu masalah yang dihadapi siswa saat ini adalah kurang berminatbelajar, tidak dapat memberikan perhatian dalam belajar, tidak terampil dalammenghubungkan fisika dengan dunia nyata, mudah lupa, tidak mempunyaistrategi dalam memahami rumus, tidak dapat menjawab pertanyaan dan tidak maubertanya, dan akhirnya prestasi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan keaktifan belajar siswa, meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran fisika pokok pembahasan listrik dinamis, meningkatkan kemampuan guru untuk menerapkan strategi strategi belajar yang bervariasi,tepat, efesien dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)dengan  penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian terlihatdengan jelas pada siklus II yaitu terjadi peningkatan aktivitas siswa dengan baik.Meningkatkan prosentase partisipasi aktif siswa sejalan dengan perkembangantingkat kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari kinerja guru mulai pertemuan kesatu ke pertemuan lainnya makin baik, sesuai dengan desain pembelajarankooperatif tipe STAD. Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipeSTAD sebanyak 84,6 % menyatakan berminat untuk mengikuti pada materi yanglain. Dengan meningkatkan aktivitas siswa dan juga guru maka prestasi belajarsiswa juga meningkat dengan signifikan, sehingga pembelajaran kooperatif tipeSTAD berhasil dengan baik jika dalam kegiatan belajar mengajar terjadi interaksiantara siswa dan antara siswa dan guru. 


















Keywords


operatif, STAD, hasil belajar, semestinya kalau pembenahan dan pembangunan sektor pendidikan menjadi prioritas utama pemerintah, swasta dan pengguna (stakeholders). Lembaga pendidikan menengah, khususnya SMP perlu mendapat perhatian untuk lulusannya dap

Full Text:

PDF

References


Arends, (1997), Classroom Instruction and

Management, USA, McGgraw-Hill

Company.

Arikunto, Suharsini, (2002), Dasar-dasar

Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara,

Jakarta.

Arikunto, Suharsimi dkk (2006). Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi

aksara Jakarta.

Asri. C, (2005), Belajar dan Pembelajaran,

Rineka Cipta, Bandung.

Dahar, (1988), Teori-Teori Belajar, Erlangga:

Jakarta.

Lie, A. (2002), Cooperative Learning, Grasindo :

Jakarta.

Lundgren, Linda, (1994), Cooperative Learning

in the Science Classroom. Ney York :

Ohio : Glencoe, Mc Graw-Hill.

Muslimin, dkk. (2000), Pembelajaran

Kooperatif. Buku Ajar Pengembangan

Guru Sekolah Menengah. Surabaya :

Pusat Sains dan Matematika

Sekolah.

Nur, (2000), Strategis-strategis Belajar,

Surabaya: Unese Press.

Panjaitan, (2001), Pembelajaran Fisika Dasar II

Berorientasi Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe STAD, Surabaya,

UNESA.

Depdiknas Dirjen Dikti, (2005), Pedoman

Penyusunan Usulan dan Laporan

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom

Action Research). Jakarta : Direktorat

Pembinaan Pendidikan Tenaga

Kependidikan dan ketenagaan

perguruan tinggi.

Pujiastuty, (2007), Penerapan Strategi

mengajar Cooperative Learning Melalui Pendekatan Belajar Jigsaw

dalam Membentuk Sikap

Demokrasi, Canopy, Vol 1 : 39-51.

Slavin, R.E. (1997), Educational Psychology :

Theory and Practice. Massachussetts.

Allyn and Bacon Publisher.

Winkel. S, (1991), Psikologi Pengajaran.

Yogyakarta : Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v21i2.3372

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.