PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Tiur Malasari Siregar

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan  peningkatanhasil belajar dengan menggunakan  model pembelajaran ATI pada matakuliahGeometri Euclid non Euclid. Penelitian ini lebih menekankan kepada pemberianperlakuan (treatment) yang berbeda dalam pembelajarannya, sesuai dengankarakteristik masing-masing kelompok mahasiswa (tinggi, sedang dan rendah)sehingga dengan cara demikian diharapkan tercipta optimalisasi hasil belajar. Halini didasari bahwa optimalisasi hasil belajar dapat dicapai melalui penyesuaianantara pembelajaran (treatment) dengan perbedaan kemampuan (aptitude)mahasiswa. Perlakuan yang dilakukan pada kelompok berkemampuan tinggi adalahpembelajaran self learning  dengan menggunakan modul, sedangkan pada kelompoksedang dan rendah diberlakukan pembelajaran regular atau  konvensional. Hasilpenelitian sebelum pemberian tindakan diperoleh nilai rata-rata mahasiswa sebesar32 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 15%. Setelah pemberian tindakanpengajaran dengan model pembelajaran ATI diperoleh rata-rata tes hasil belajarsiklus I mencapai 59,5 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 42,5%.Karena hasil yang diperoleh untuk pembelajaran secara klasikal belum memenuhinilai ketuntasan, maka dilanjutkan pada siklus II dengan memperbaiki pembelajaransesuai hasil refleksi. Nilai rata-rata pada tes hasil belajar II mencapai 74,25 dengantingkat ketuntasan belajar klasikal mencapai 85%. Ini berarti menujukkan bahwamodel pembelajaran ATI dapat mengatasi kesulitan belajar mahasiswa sekaligusdapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. 















Keywords


Model Pembelajaran ATI, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono,(2003), Pendidikan

Bagi Anak Berkesulitan Belajar, PT.

Rineka Cipta, Jakarta

Arikunto, S.,dkk., (2008), Penelitian Tindakan

Kelas, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Dimyanti dan Mudjiono, (2002), Belajar Dan

Pembelajaran, Penerbit Rineka Cipta,

Jakarta

Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni, (2008),

Matematika Konsep dan Aplikasinya,

www.bse.depdiknas.go.id, (accesed

/8/2015)

Sardiman, (2005), Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar, Penerbit Rajawali

Pers, Jakarta.

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya, Penerbit Rineka

Cipta, Jakarta.

Tim MKPBM, (2001), Strategi Pembelajaran

Matematika, Penerbit JICA – UPI,

Bandung.

Tim MKPBM Jurusan Matematika, (2001),

Strategi Pembelajaran Matematika

Kontemporer, Penerbit Universitas

Pendidikan Indonesia, Bandung

Winarti, Atik dan Endah Rahaju, (2008),

Contextual Teaching and Learning

Matematika, www.bse.depdiknas.

go.id, (accesed 4/8/2015).




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v21i2.3373

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.