KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD
Abstract
Implementasi pembelajaran kooperatif telah banyak dilakukan namun pemilihan jenis model pembelajaran kooperatif masih perlu diinvestigasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model-model pembelajaran kooperatif seperti model Group Investigation (GI), Student Team Achievement Division (STAD), dan Jigsaw terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV di SD. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian dipilih secara acak dengan total 75 siswa kelas IV SD. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Instrumen tes disusun dengan indikator variabel berpikir kritis dan kreatif yang diterapkan dalam kajian pembelajaran IPA. Instrumen penelitian berbentuk tes uraian yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan Multivariat Analysis Of Variance. Hasil menunjukkan bahwa pada keterampilan berpikir kritis dan kreatif diperoleh nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa model pembelajaran kooperatif secara bermakna mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dan kreatif secara multivariat. Sementara itu pengujian post hoc dapat disimpulkan bahwa model GI diperoleh sebagai model unggulan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Caratozzolo, P., Alvarez-Delgado, A., & Hosseini, S. (2020, October). Perspectives on the use of serious-storytelling for creative thinking awareness in engineering. In 2020 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE) (pp. 1-9). IEEE.
Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 228-237.
Firdaus, R. M., Andayani, E., Yudiono, U., & Walipah, W. (2022). Implementasi triple helix of economic education terintegrasi sustainable develompent goals (SDGs) dalam konteks merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(1), 71-77.
Husamah, H., Fatmawati, D., & Setyawan, D. (2018). OIDDE learning model: Improving higher order thinking skills of biology teacher candidates. International Journal of Instruction, 11(2), 249-264.
Iskandar, R., & Kusmayanti, I. (2018). Pendekatan science technology society: IPA di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(02).
Lestari, F. P., Ahmadi, F., & Rochmad, R. (2021). The Implementation of Mathematics Comic through Contextual Teaching and Learning to Improve Critical Thinking Ability and Character. European Journal of Educational Research, 10(1), 497-508.
Munir, M. T., Baroutian, S., Young, B. R., & Carter, S. (2018). Flipped classroom with cooperative learning as a cornerstone. Education for chemical engineers, 23, 25-33.
Palupi, I. D. R., & Rahayu, T. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 10-20.
Rahayu, T. S. (2021). Meta Analisis Efktivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 495-505.
Rodríguez, G., Díez, J., Pérez, N., Baños, J. E., & Carrió, M. (2019). Flipped classroom: Fostering creative skills in undergraduate students of health sciences. Thinking Skills and Creativity, 33, 100575.
Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing critical-thinking skills through the collaboration of jigsaw model with problem-based learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077-1094.
Sari, R., Sumarmi, S., Astina, I., Utomo, D., & Ridhwan, R. (2021). Increasing students critical thinking skills and learning motivation using inquiry mind map. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(3), 4-19.
Setiawan, A., Malik, A., Suhandi, A., & Permanasari, A. (2018, February). Effect of higher order thinking laboratory on the improvement of critical and creative thinking skills. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 306, No. 1, p. 012008). IOP Publishing.
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.
Sudarta, G. K. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2).
Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 169-182.
Syawaludin, A., Gunarhadi & Rintayati, P. (2019). Development of Augmented Reality-Based Interactive Multimedia to Improve Critical Thinking Skills in Science Learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331-344.
Syawaludin, A., Gunarhadi, G., & Rintayati, P. (2019). Enhancing Elementary School Students’ Abstract Reasoning in Science Learning through Augmented Reality-Based Interactive Multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 288-297.
Ulger, K. (2018). The effect of problem-based learning on the creative thinking and critical thinking disposition of students in visual arts education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(1).
Widana, I. W., Parwata, I., & Sukendra, I. K. (2018). Higher order thinking skills assessment towards critical thinking on mathematics lesson. International journal of social sciences and humanities, 2(1), 24-32.
Wijaya, T., Zhou, Y., Ware, A., & Hermita, N. (2021). Improving the Creative Thinking Skills of the Next Generation of Mathematics Teachers Using Dynamic Mathematics Software. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(13), 212-226.
Zahrah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Beriman Kepada Hari Akhir Di Kelas IX. 1 SMP Negeri 1 Blangkejeren. Serambi PTK, 9(1), 38-48.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i1.38220
Article Metrics
Abstract view : 342 timesPDF - 325 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.