DAMPAK PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES GERAK SATU DIMENSI UNTUK MAHASISWA SARJANA TINGKAT LANJUT TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN KONSEPTUAL FISIKA
Abstract
Sebagai bagian dari penelusuran kemampuan penguasaan materi fisika sekolah, telah dikembangkan suatu instrumen tes untuk mengukur kemampuan konseptual materi gerak satu dimensi. Bentuk instrumen tes pilihan ganda biasa dengan lima pilihan jawaban. Peserta tes diwajibkan untuk menentukan pilihan jawaban disertakan dengan rubrik solusi setiap butir soal. Desain setiap butir soal memiliki paling sedikit dua pilihan jawaban yang benar, peserta tes diminta menentukan jawaban yang paling benar dan relevan dengan pernyataan soal. Desain soal seperti ini memiliki kemampuan efektivitas untuk mengukur penguasaan konsep dalam banyak representasi, serta memperoleh sinyal kemampuan berfikir secara luas dalam cakupan materi gerak satu dimensi. Desain paket tes memiliki validitas dan reliabilitas test standar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
P. Purwadhi, “Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Abad XXI,” Mimb. Pendidik., 2019, doi: 10.17509/mimbardik.v4i2.22201.
S. Bahri, “Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme di Indonesia (Landasan Filosofis dan Psikologis Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme),” J. Ilm. Didakt., 2018.
H. Kamarga, “Peran Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum,” Inov. Kurikulum, 2021, doi: 10.17509/jik.v1i1.35609.
F. Arifin and T. Herman, “Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa,” J. Pendidik. Mat., 2018.
L. Agustina, Rochmad, and Isnarto, “Kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah pengantar dasar matematika,” Prism. Proseding Semin. Nas. Mat., 2021.
A. U. Yana, L. Antasari, and B. R. Kurniawan, “ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GELOMBANG MEKANIK MELALUI APLIKASI ONLINE QUIZIZZ,” J. Pendidik. Sains Indones., 2020, doi: 10.24815/jpsi.v7i2.14284.
D. Marta Putra and N. Nurlizawati, “Lesson Study dalam Meningkatkan Ketrampilan 4C (Critical Thingking, Collaborative, Communicative dan Creative) pada Pembelajaran Sosiologi yang Terintegrasi ABS-SBK di SMAN 1 Pasaman,” J. Sikola J. Kaji. Pendidik. dan Pembelajaran, 2019, doi: 10.24036/sikola.v1i2.19.
S. Sucipto, “Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning,” J. Pendidik. (Teori dan Prakt., 2017, doi: 10.26740/jp.v2n1.p77-85.
B. Cahyono, “Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender,” AKSIOMA, 2017, doi: 10.26877/aks.v8i1.1510.
I. M. Ramdan, K. Duma, and D. L. Setyowati, “Reliability and Validity Test of the Indonesian Version of the Nordic Musculoskeletal Questionnaire (NMQ) to Measure Musculoskeletal Disorders (MSD) in Traditional Women Weavers,” Glob. Med. Heal. Commun., 2019, doi: 10.29313/gmhc.v7i2.4132.
S. R. Hidayat et al., “Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi,” J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis., 2017, doi: 10.21009/1.03206.
D. Panentu and M. Irfan, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Butir Pemeriksaan Dengan Moteral Cognitive Assessment Versi Indonesia ( MoCA- INA ) Pada Insan Pasca Stroke Fase Recovery,” J. Fisioter., 2013.
F. Nisa’, L. Yuliati, and N. Mufti, “Miskonsepsi Konsep Gerak Satu dan Dua Dimensi Siswa SMA,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., 2019, doi: 10.17977/jptpp.v4i10.12874.
A. Pujianto, “Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus,” JPFT (Jurnal Pendidik. Fis. Tadulako Online), 2013, doi: 10.22487/j25805924.2013.v1.i1.2370.
M. Ma’rifa, H. Kamaluddin, and H. Fihrin, “Analisis Pemahaman Konsep Gerak Lurus pada Siswa SMA Negeri di Kota Palu,” JPFT (Jurnal Pendidik. Fis. Tadulako Online), 2016, doi: 10.22487/j25805924.2016.v4.i3.6060.
N. Nana, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Mereduksi Miskonsepsi pada konsep Gerak Lurus Siswa SMA Kelas X,” DIFFRACTION, 2020, doi: 10.37058/diffraction.v2i1.1799.
H. Hasbullah, A. Halim, and Y. Yusrizal, “Penerapan Pendekatan Multi Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Gerak Lurus,” J. IPA Pembelajaran IPA, 2019, doi: 10.24815/jipi.v2i2.11621.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i1.40644
Article Metrics
Abstract view : 137 timesPDF - 141 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.