IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MULTIKULTURALISME SOSIAL BUDAYA ANAK SEKOLAH DASAR

Sulistiawati ,, Tin Rustini, Yona Wahyuningsih

Abstract


Pendidikan saat ini terus mengalami banyak perubahan dari segi perkembangan teknologi sering berjalannya waktu. Dalam pendidikan, pembelajaran dituntut untuk mengalami perubahan yang inovatif dan kreatif untuk daya tarik siswa dalam belajar. Tujuan penelitian adalah penggunaan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran untuk menjadikan pembelajaran lebih interaktif, efektif dan menarik. Media pembelajaran interaktif menciptakan pembelajaran yang mana guru sebagai fasilitas untuk menyediakan pembelajaran dari bahan ajar, media dan lainnya. Pembelajaran interaktif untuk pembelajaran ilmu pengetahuan sosial sangat cocok digunakan untuk muatan pembelajaran multikulturalisme sosial budaya yang beragama dengan menyajikan materi dengan menggunakan media pembelajaran, agar siswa dapat mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran lebih bervariatif dan menyenangkan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, yang mana dengan menggunakan metode deskriptif serta model pembelajaran interaktif. Penggunaan metode deskriptif yakni bentuk penggambaran maupun analisis pada suatu penelitian untuk mendapatkan pengetahuan terhadap implementasi pembelajaran interaktif melalui pendidikan ilmu pengetahuan sosial untuk multikulturalisme sosial budaya di sekolah dasar. Keberagaman multikultural dari suku, bangsa, budaya, sosial, agama dan lainnya. Dengan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa akan diajarkan mengenai karakteristik yang baik antar sesama dengan adanya perbedaan serta toleransi yang baik dengan memanfaatkan media pembelajaran sebagai implementasi proses belajar.


Keywords


Media pembelajaran interaktif; Multikulturaslisme; Sosial budaya

Full Text:

PDF

References


Aeni, K., & Astuti, T. (2020). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR Kurotul Aeni dan Tri Astuti Info Artikel Abstrak. REFLEKSI EDUKATIA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE Anggaini, S. N., Rahman, A., Martono, T., Kurniawan, T. R., & Febriyani, A. N. (2022). Strategi Pendidikan Multikulturalisme dalam Merespon Paham Radikalisme. Jendela Pendidikan, 02(01), 30–38.

Kamil, N., Saputra, Y. E., & Baghiroh, R. N. (2022). Efektivitas Bahan Ajar Pendidikan Multikultural Terhadap Nasionalisme Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(1).

Marifah, S., & Amaliyah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7563–7572. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3596.

Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364–375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315

Swasti, M., Hutapea, N. M., & Suanto, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2428–2441. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1561

Tri Astuti, Limpad Nurrachmat, Akhmad Junaedi, & Ferani Mulianingsih. (2022). Model Pembelajaran Interaktif Sebagai Upaya Implementasi Merdeka Belajar Pada Siswa SD Masa Pandemi Covid-19. Efektor, 9(1), 76–86. https://doi.org/10.29407/e.v9i1.17603

Wardatushobariah, N. (2021). IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Di MI Jamaludin Sampih). Tsaqafatuna, 3(2), 30–42. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v3i2.71

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i1.40800

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 183 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.