PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR

Frinawaty Lestarina Barus, Abeltha Giovanie Br Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran menelaah struktur teks cerpen sebelum menggunakan media kahoot. Dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Popualsi penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Negeri 1 Sigumpar dengan jumlah siswa 132 orang. Sampel penelitian sebanyak 29 siswa. Hasil penelitian sebelum menggunakan media kahoot pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sigumpar mendapatkan nilai rata – rata 57.59, Kemampuan siswa setelah menggunakan media kahoot pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sigumpar mendapatkan nilai rata rata 82.75. Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media kahoot terhadap kemampuan menelaah struktur teks cerpen. Hal tersebut membuktikan media kahoot memiliki pengaruh terhadap kemampuan menelaah struktur teks cerpen kahoot pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sigumpar. 


Keywords


Media Pembelajaran, Kahoot, Teks Cerpen

Full Text:

PDF

References


M. F. AK and dkk, PEMBELAJARAN DIGITAL, Widina, 2021.

Alfansyur and dkk, "PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ICT 'KAHOOT' DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA," Bhineka Tunggal Ika, pp. 208-216, 2019.

Dimyati and Mudjiono, BELAJAR DAN PEMBELAJARAN, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

F. Nurul, "PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN SD," Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6.1, pp. 139-147, 2020.

D. Hartanti, "MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME KAHOOT BERBASIS HYPERMEDIA," Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, vol. I, no. 1, 2019.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i1.43342

Article Metrics

Abstract view : 187 times
PDF - 266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot