PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran menelaah struktur teks cerpen sebelum menggunakan media kahoot. Dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Popualsi penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Negeri 1 Sigumpar dengan jumlah siswa 132 orang. Sampel penelitian sebanyak 29 siswa. Hasil penelitian sebelum menggunakan media kahoot pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sigumpar mendapatkan nilai rata – rata 57.59, Kemampuan siswa setelah menggunakan media kahoot pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sigumpar mendapatkan nilai rata rata 82.75. Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media kahoot terhadap kemampuan menelaah struktur teks cerpen. Hal tersebut membuktikan media kahoot memiliki pengaruh terhadap kemampuan menelaah struktur teks cerpen kahoot pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sigumpar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. F. AK and dkk, PEMBELAJARAN DIGITAL, Widina, 2021.
Alfansyur and dkk, "PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ICT 'KAHOOT' DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA," Bhineka Tunggal Ika, pp. 208-216, 2019.
Dimyati and Mudjiono, BELAJAR DAN PEMBELAJARAN, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
F. Nurul, "PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN SD," Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6.1, pp. 139-147, 2020.
D. Hartanti, "MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME KAHOOT BERBASIS HYPERMEDIA," Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, vol. I, no. 1, 2019.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i1.43342
Article Metrics
Abstract view : 187 timesPDF - 266 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.