ANALISIS KESESUAIAN RPP IPA SMP KELAS VIII BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Syaidatul Hadilla, Mentari Darma Putri, Rizky Nafaida

Abstract


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana tindakan satu atau lebih sesi pembelajaran tatap muka yang dikembangkan dalam kurikulum untuk memandu kegiatan belajar siswa menuju pencapaian suatu Kompetensi Dasar (KD) yang dipersiapkan oleh guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data melalui studi dokumentasi, observasi dan wawancara, untuk menganalisis kesesuaian RPP berdasarkan kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas VIII SMP. Hasil penelitian yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa dari enam RPP yang dianalisis, empat termasuk kategori sangat akurat dan dua kategori akurat. Agar suatu RPP dinilai akurat, maka harus berpedoman pada silabus yang telah dikembangkan sebelumnya yang memuat standar kompetensi, kompetensi inti, materi pelajaran/pembelajaran, pembelajaran, indikator kompetensi, penilaian, komitmen waktu, dan sumber belajar.


Keywords


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; IPAKurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Metode dengan Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud (2013). Permendikbud No. 66 tentang Standar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia.

Permendikbud (2015). Permendikbud No. 53 Tahun 2015 tentang Evaluasi Hasil Belajar Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud (2014). Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Priyatni, Endah Tri. (2015). Desain pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i1.44116

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.