APLIKASI WATTPAD DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA SMA
Abstract
Dalam upaya mewujudkan peningkatan menulis siswa, maka guru diharapkan mampu memilih dan menerapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan antusias siswa dalam pembelajaran menulis. Tujuan difokuskan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran menulis cerpen setelah penggunaan aplikasi wattpad pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Pinrang. Teknik pengumpulan data melalui observasi siswa untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa setelah aplikasi wattpad diterapkan kemampuan menulis siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari pemerolehan nilai tes kemampuan menulis cerpen siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 17 siswa dan pada siklus II sebanyak 26 siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, K. & Wigati I. 2021. Keterampilan Menulis dan Penalaran. Palembang: Raden Fatah.
Akidah, I. 2023. Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Cerpen dengan Pemanfaatan Media Blog. Vol. 4. No. 1
Ansoriyah, S. & Rahma, P., 2019. Menulis Populer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Aulia, P. H., Triyadi, S., & Setiawan, H., 2023. Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Islam Yaspia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 10 No. 3
Dewi, M. S., & Sobari T. 2018. Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1. No 6
Hasan, M., 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Hidayah, N, & Khalifah, D. R. N., 2019. Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pranala.
Mahardika, T. B. 2020. Perancangan Sistem Informasi Management Siswa Berprestasi Android pada SMK PGRI Rawalumbu”. Jurnal Sains dan Teknologi. Vol. 10. No. 2
Said, S. N. F., Saleh, M., & Azis, A., 2023. Pengaruh Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek. Indonesian Language Teaching & Literature Journal. Vol. 1(1).
Sari, R. F., Rosdiana, R., & Mulya, R. Y. W., 2023. Penerapan Model Problem Based Learning dan Media Wattpad Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Bahtera Indonesia, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 8. No. 2
Ulfa, S. A., 2018. “Peranan Aplikasi Wattpad dalam Mengasah Kemampuan Menulis”. Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Sosial dan Politik, Universitas Komputer Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i2.51241
Article Metrics
Abstract view : 131 timesPDF - 169 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.