STUDI KASUS PENINGKATAN PRESTASI MAHASISWA SELAMA MENGIKUTI ORGANISASI

Zulfadli ,, Haryono ,, Indra Primahardani

Abstract


Adanya peranan prestasi dalam mengikuti organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa di Universitas Riau Tentang bagaimana cara pengurus membagi waktu antara belajar dengan ikut organisasi. penulis dapat merumuskan permasalahan dalam penelitian adalah menganalisis Peningkatan Prestasi Mahasiswa Selama Mengikuti Organisasi (Studi Kasus Pengurus BEM Universitas Riau Kabinet Revitalisasi Perubahan Periode 2022-2023). Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui prestasi akademik pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian kali ini ada (8 Orang) yakni informan utama presiden mahasiswa dan wakil presiden mahasiswa beserta Menteri dan anggotanya. Teknis analisis data dalam penelitian kali ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Temuan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat cara pengurus dalam membagi waktunya antara waktu belajar dengan organisasi yang sejauh ini sangat baik antara keduanya.

Keywords


Prestasi Non Akademik; Kualitatif Deskriptif; Badan Eksekutif Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Burhan, B., 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Burhan, B., 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Prenada Media Group.

Uno, H. B., 2016. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ginanjar, M. H., 2017, ”Aktifitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa”, dalam Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam Vol. 06, No. 11 Januari 2017, h. 46

Martono, N. 2016. Metode Penelitian Sosial: Konsep-konsep kunci. Jakarta: Rajawali Pers

Misbahudin & Hasan, I., 2014. Analisis data penelitian dengan statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara

Munir. 2014. Kompetensi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Bagi Guru. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group

Siallagan, D. 2011. Fungsi dan Peranan Mahasiswa. Bengkulu: UNIB.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i2.51268

Article Metrics

Abstract view : 145 times
PDF - 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.