PENGARUH PELATIHAN PROGRAM CIVIC EDUCATION LEADERSHIP TERHADAP AKTUALISASI NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN MAHASISWA PPKn FKIP UNIVERSITAS RIAU

Febrianto Budiman Putra, Hambali ,, Indra Primahardani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena sikap apatis dikalangan mahasiswa yang secara nyata menggerus karakter kepemimpinan mahasiswa sebagai Iron Stock atau aset tangguh yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan pada masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelatihan program Civic Education Leadership (CEL) terhadap aktualisasi nilai-nilai kepemimpinan mahasiswa Program studi PPKn FKIP Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Penelitian ini dilakukan di program studi PPKn FKIP Universitas Riau, dengan metode pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data statistik IBM SPSS Version 25. Berdasarkan hasil analisis data, uji hipotesis diperoleh nilai  (11,23) ≥  (1,65), dimana hal tersebut menunjukkan hipotesis dalam penelitian ini diterima. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,43. berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan pengaruh pelatihan CEL terhadap aktualisasi nilai kepemimpinan mahasiswa PPKn FKIP Universitas Riau sebesar 43% berada pada tingkat ”Sedang”.

Keywords


civic education leadership; aktualisasi; kepemimpinan; mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Cahyono, H. (2019). Agen. Peran Mahasiswa Di Masyarakat, 1(1), 32–43. https://doi.org/10.4000/adlfi.2398

Fitriany, R., & Invonesti, S. (2021). Abstrak : Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Dasar Meningkatkan Self. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 12(2), 173–185. https://doi.org/10.24036/rapun.v12i2.

Gunawan, A., Islam, U., Sultan, N., & Hasanuddin, M. (2020). KEPEMIMPINAN : 3(2), 172–186.

Nita, R. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PELATIHAN KINERJA KARYAWAN. 1–10.

Nurlela, E., & Solahudin, D. (2016). Manajemen Pelatihan Dasar Kepemimpinan Santri dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 85–101. https://doi.org/10.15575/tadbir.v1i1.129

Oktafia, C., Sari, R. P., Ariska, A., & Yusniar, S. D. (2022). Pendidikan jiwa kepemimpinan di sekolah. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 517–522. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/index Pendidikan

Petersen, L. M. (2020). Personal branding. Praktische Tierarzt, 101(11), 1048–1049. https://doi.org/10.4324/9780429201226-7

Puji Rahayu, N., Sarita Putri, D., Fitri, D., Maulana, I., & Jayanuarto, R. (2022). Urgensi Jiwa Kepemimpinan Guna Menumbuhkembangkan Kesadaran Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(1), 107–112. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.2578

Sahadi, Taufiq, O. H., & Wardani, A. K. (2020). Karakter Kepemimpinan Ideal Dalam Organisasi. Jurnal Moderat, 6(3), 519.

Stogdill, Ralph M. 1974. Handbook of Leadership: A Survey of Theory and Research. Free Press

Thalib, Muh Dahlan. (2019). Membangun Motivasi Belajar Dengan Pendekatan Kecerdasan Emosional & Spiritual. IAIN PAREPARE: Nusantara Press

Umar, bambang W. (2013). Legalitas Edisi Juni 2013 Volume IV Nomor 1 ISSN 2085-0212. Legalitas, IV, 35–50.

Usman, Husaini.(2019). Kepemimpinan Efektif: Teori, Penelitian, & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Wibowo, U. B. (2018). Kepemimpinan 5 “Teori kepemimpinan.” https://doi.org/10.31219/osf.io/bzvqu

Widyaningsih, T. S., Zamroni, Z., & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi Dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Smp Dalam Perspektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 181–195. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2658

Yudhawati, D., & Shinta, A. (2012). Basic Leadership Training bagi Mahasiswa dengan Pendekatan Social Learning Theory. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 2(1), 59. https://doi.org/10.30588/jmp.v2i1.80




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i2.51269

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.