PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i2.51303Keywords:
Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi, Discovery LearningAbstract
Deskripsi proses penerapan metode Discovery learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa dan untuk mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan metode Discovery learning pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan menulis siswa meningkat yaitu dari hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 19 siswa dengan persentase 54%, siswa yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 16 siswa dengan persentase 46%. Pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan 30 siswa dengan persentase 85% dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 5 siswa dengan persentase 15%. Disimpulkan bahwa keterampilan menulis siswa menggunakan metode Discovery learning pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Barru dinyatakan berhasil.References
Abidin, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Metode Mind Mapping. Jurnal Ilmiah, 3 (1).
Akidah, I. & Mansyur, U., (2019) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap
Annisa, D. S. 2021. œUpaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesia Journal of Teacher Education, 2(1), 218-225.
Arum, S. 2021. Korelasi Keterampilan Menyimak Berita Dengan Keterampilan Menulis Tes Berita Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pasaman. Proposal. Universitas Negeri Padang. Padang.
Gusrita, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa MAN 1 Sarolanggun. Jurnal Pendidikan Guru, 2 (1)
Hastuti, D. 2019. Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Paper. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A., 2022. œPeningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Materi Sifat-sifat Mahaya melalui Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 43-57.
Kemampuan Menulis Berita Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 72-78.
Martanti, D. K., Suwandi, S. & Rohmadi, M., (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9 (2).
Nabila, A. P., Warsiman. & Hermiati, T. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Gambar. Jurnal Metamorfosa, 10 (1).
Rabiah, S. 2019. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar: De La Macca.
Siti, N. A. H. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna, 2 (1).
Sri, A. Y. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Brainwraiting. Paedagogie, 13 (1).
Triyani, N., S. R. 2018. œPenerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 713-720
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).