PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS VI MELALUI KULTUR SEKOLAH

Rosiana Niken Agustin, Sri Utaminingsih, Lovika Ardana Riswari

Abstract


Tingkat kedisiplinan di kalangan siswa secara signifikan mempengaruhi keberhasilan akademis, tetapi masih ada masalah dengan perilaku tidak tertib dan kurangnya pendidikan karakter disiplin yang menyebabkan krisis moral. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh kultur sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Tlogowungu. Penelitian ini mengambil lokasi di SDN Tamansari 02, SDN Purwosari 02, SDN Regaloh 02, SDN Sambirejo 02, SDN Wonorejo 02, SDN Tlogowungu 01, dan SDIT Al-Ikhlas dengan sampel sebanyak 145. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif survey. Peneliti menggunakan uji regresi linear sederhana dengan koefisien regresi (b) sebesar 0,099, dan uji-t untuk melihat pengaruh antara kultur sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Tlogowungu. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05 yang mana kultur sekolah berpengaruh terhadap karakter disiplin. Berdasarkan penelitian mengenai peran kultur sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Tlogowungu, dapat ditarik kesimpulan terdapat peran antara kultur sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Tlogowungu.


Keywords


Kultur Sekolah, Karakter Disiplin, Pembentukan Karakter

Full Text:

PDF

References


Afifullah Nizary, M., & Hamami, T. (2020). Budaya Sekolah. At-Tafkir, 13(2), 161–172. https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1630

Ahmad Kholikul, A. (2015). Statistika Dengan Program Komputer. Deepublish.

Andres, Utaminingsih, S., & Ismaya, E. A. (2022). Pengembangan Buku Pedoman Pendidikan Karakter untuk Penanggulangan Kenakalan Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 28–44.

Aqib, Z., & Amrullah, A. (2017). Pedoman Pendidikan Karakter Bangsa. Gava Media.

Aziz, M. I., & Ana, R. F. R. (2022). Peran Budaya Sekolah Dalam Membangun Karakter Religius Siswa Kelas 5 Sdit Surya Melati Bandung Tulungagung. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 138–144. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.408

Budiningsih, A., & Yuwono, E. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 201–210.

Huda, A. M., Setiawan, F., & Dalimunthe, R. (2021). Budaya Sekolah/ Madrasah. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(3), 517–526. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Husin, D. (2022). Meningkatkan Budaya Belajar Siswa Pada Meningkatkan Budaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas XI. IA SMA Negeri 4 Gorontalo Melalui Teknik Behavior Contract. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 02(June), 503–516. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1294%0Ahttps://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/download/1294/938

Kasmantoro, H., Riswari, L. A., & Khamdun, K. (2022). Analisis Cara Menumbuhkan Nilai Pendidikan Karakter Religius Jujur dan Kreatif Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Film Negeri 5 Menara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3531–3536. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.903

Kemendikbud. (2011). Panduan Pembinaan Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Dirjend Pendas.

Krisnadi, E. (2021). Penerapan Manajemen Tata Tertib Dalam Meningkatkan. 2(2), 99–108.

Lestari, T., Purbasari, I., & Riswari, L. A. (2022). Analisis Kemandirian Anak Di Desa Gulangpongge. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah …, 1(5), 1327–1332. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/download/297/236

Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Yudha English Gallery.

Puteri, P. S., & Roesminingsih, E. (2019). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Sikap Disiplin Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Karang Pilang Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–9.

Putri, K. H., Zakso, A., & Salim, I. (2015). Pengaruh Solidaritas Teman Sebaya Terhadap Pembentukan. Journal Psikologi, 2(1), 1–8.

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Sinar, T. S., Lubis, S., & Ganie, R. (2020). Analysis of Malay Pantun Training By Using Pantun Card Game As a Media To Build Local Wisdom. JPBP: Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 26 (2), 90–101. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/article/view/22195

Sudirman, F., Herman, & Suardi. (2022). Pengaruh Perhatian orang tua dan disiplin Belajar terhadap Minat dan Prestasi Belajar. Phinisi Integration Review, 5(1), 193–202. https://doi.org/tps://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31744

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukadari. (2020). Peranan Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(1).

Sukmadianata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya.

Suryani, Y. A., Utaminingsih, S., & Madjdi, A. H. (2021). Analisis Kelayakan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Demak Untuk Pemahaman Pola Hidup Sehat. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.5931

Wati, M. P., Surachmi, S., & Utaminingsih, S. (2021). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI UNTUK PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI JAKENAN. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(November), 1648–1656.

Wibowo, S. A., Murtono, -, Santoso, -, & Utaminingsih, S. (2021). Efektifitas Pengembangan Buku Ajar Berbasis Nilai-Nilai Karakter Multikultural Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p54-62

Widat, F., & Dayyani, M. (2022). Penanaman Nilai Moral Dan Spiritual Anak Melalui Serial Animasi Islami. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 14. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.729

Zahra, O. A., Ariyani, F., & Riswari, L. A. (2024). Analisis Dampak Perilaku Bullying Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Kayuapu. 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.55059

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.