PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Dwi Septi Andini, Supentri ,, Jumili Arianto

Abstract


Penelitian ini Mengacu pada hasil pra-riset dan wawancara dengan guru Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 1 Sentajo Raya, siswa kelas XI sebenarnya aktif dalam pembelajaran, namun kendalanya siswa masih kurang mampu untuk berpikir secara kritis dalam menganalisis dan mengemukakan pendapat dengan bahasa sendiri dari hasil analisisnya. Banyak keadaan yang memicu rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa, salah satunya ialah kurang cocoknya model pembelajaran yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu lembar observasi siswa, lembar observasi guru, Pretest dan posttest, serta teknik dokumentasi. Pengolahan data menggunakan IBM SPSS Version 25. Analisis penelitian ini menggunakan uji prasyarat normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji N-Gain.  Hasil olah data didapat thitung = 2.497, pada taraf signifikasi 5% diperoleh ttabel = 1,671. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) berpengaruh tehadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen dalam klasifikasi sedang dengan skor 0,4129 dan kelas kontrol memperoleh skor 0.2694 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil N-Gain tersebut dapat dilihat bahwa model Problem Based Learning (PBL) lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dari pada menggunakan model konvensional atau ceramah.


Keywords


Pengaruh; Model Problem Based Learning (PBL); Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Citra Ayuningrum. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning.

Dewi, E. K. & O. J. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas X Di Sman 22 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, Volume 02 Nomor 03, 1–15.

Facione, P. (2015). Critical Thinking: What It Is And Why It Counts. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/251303244

Limbong, I. N., Anderson, I., & Kabatiah, M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas Xi Ips Sma N 10 Kota Jambi. 1–8.

Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., & Ismirawati, N. (2019). Ricosre: A Learning Model To Develop Critical Thinking Skills For Students With Different Academic Abilities. International Journal Of Instruction, 12(2), 417–434. Https://Doi.Org/10.29333/Iji.2019.12227a

Meltzer, & David, E. (2002). The Reactionship Between Mathematics Preparation And Conceptual Learning Gains In Physics: A Possible Hidden Variable In Diagnostic Pretest Scores. Am. J. Phys., 1259-1268.

Nurlina, Nurfaradilah, & Bahri, A. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran (H. Bancong, Ed.; Cetakan Pertama 2021). Cv. Cahaya Timur. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/350835481

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish Publisher.

Oktavia, M., & Prasasty, A. T. (2015). Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test. 439, 596–601. Https://Doi.Org/10.30998/Simponi.V0i0.439

Puspitasari, E., Y Saputri, Dan D., & Laweyann, K. (2021). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Pada Kelas V Materi Ipa. Volume 7, Nomor 1, Jurnal Pendidikan Ilmiah 46-50.

Runi. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas Vii Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 2 Nomor 1(Issn 2721-9739 (Online)), 1–14. Https://Jurnal.Pgrisultra.Or.Id/Ojs/

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D: Vol. Isbn 979-8433-71-8 (Cetakan Ke 21). Alfabeta.

Supentri, S., Arianto, J., Ahmal, A., Yuliantoro, Y., & Separen, S. (2022). Pelatihan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Berbasis Merdeka Belajar bagi Guru di Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 312. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5305

Supentri S & Arianto J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pendidikan IPS Di Prodi PPKn Fkip UR. JURNAL PPKn & HUKUM, VOL. 10, 40–57.

Tama, I. V. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sman 6 Bandar Lampung.

Yuliani*, Y., Hasanuddin, H., Safrida, S., Khairil, K., & Pada, A. U. T. (2021). Implementasi Model Discovery Learning Dipadu Modul Sistem Ekskresi Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 376–390. Https://Doi.Org/10.24815/Jpsi.V9i3.19965




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.56599

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.