ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM GENERASI BERENCANA (GenRe) SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SMART AND GOOD CITIZENSHIP SISWA
Abstract
Salah satu upaya meningkatkan kualitas remaja melalui program Generasi Berencana (GenRe) yang berlandaskan Undang-Undang No. 52 tahun 2009 ayat 1 (b) tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga. Hal ini tentu berkorelasi dengan kehadirannya duta Generasi Berencana (GenRe) dan Pengembangan PIK- R (Pusat Informasi Konseling Remaja). Tujuan penelitian ini guna mengetahui dan mendeskripsikan Bagaimanakah Pelaksanaan Program Generasi Berencana (GenRe) Sebagai Upaya Mewujudkan Smart and Good Citizenship Siswa SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yakni informan utama ketua PIK-R dan wakil PIK-R beserta pengurus inti dan anggotanya.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan program Generasi Berencana (GenRe) sebagai upaya mewujudkan Smart and Good Citizenship Siswa SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu terlaksana secara efektif dan aktif senantiasa mengkampanyekan materi Generasi Berencana (GenRe) melalui pertemuan rutin PIK-R 2 kali dalam smeinggu dan acap kali melaksanakan kegiatan sosialisasi dan seminar mengenai program Generasi Berencana (GenRe) di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aziz, Resky Antartila. 2021. “Penerapan Program Generasi Berencana ( Genre ) Di Kota Palembang Application of Generation Planning Program ( Genre ) in the City Og Palembang.” Jurnal Ilmu Administrasi Negara 19(3):12–28.
Devi Yulianti. 2017. “Program Generasi Berencana (GenRe) Dalam Rangka Pembanguna Manusia Menuju Pembangunan Nasioanl Berkualitas.” Jurnal Analisis Sosial Politik 1(2):93–108.
Ikhtiarti, Endang, Rohman, Mona Adha, and Hermi Yanzi. 2019. “Membangun Generasi Muda Smart and Good Citizenship Melalui Pembelajaran PPKn Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Universitas Lampung 1:4–12.
Lenaini, Ika. 2021. “Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling.” Hiatoris: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah 6(1):33–39.
Ramadhani, R., & Setiawan, M. A. (2019). Pengaruh regulasi, politik anggaran, perencanaan anggaran, sumber daya manusia dan pengadaan barang/jasa terhadap penyerapan anggaran belanja pada opd provinsi sumatera barat. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(2), 710-726.
Ratnasari, A. (2017). Implementasi Program Generasi Berencana (GENRE) dalam Menyiapkan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja. Public Corner, 12(2), 37-47.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sukamto, Yatsuko Juliana, and Hasbullah Malau. 2019. “Efektivitas Duta Genre Dalam Memasyarakatkan Program Genre BKKBN Di Kota Padang.” JESS (Journal of Education on Social Science) 3(2):91. doi: 10.24036/jess/vol3-iss2/190.
Supentri, S., Arianto, J., Ahmal, A., Yuliantoro, Y., & Separen, S. (2022). Pelatihan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Berbasis Merdeka Belajar bagi Guru di Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 312-318.
Winarno. 2012. “Karakter Warga Negara, Baik Dan Cerdas 1 2.” PKn Progresif, 7(2):54–62.
Triyanto, T., & Dzulhijjah, A. K. 2020. “Urnal Lobal Itizen.” Jurnal Global Citizen Jurnalilmiah 9(2):51–62.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.56617
Article Metrics
Abstract view : 135 timesPDF - 150 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.