PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI TINGKAT SMP

Putri Geovani Mayori, Gimin ., Supentri .

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantarannya yaitu penerapan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional yaitu menggunakan metode ceramah yang berupa penyampaian materi dengan siswa hanya sebagai penerima informasi saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 1 Logas Tanah Darat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Logas Tanah Darat. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan angket. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Dalam hasil perhitungan uji t menggunakan rumus uji independent samples t-test pada taraf Signifikan 5% atau 0,05 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000. Jadi 0,000 ≤ 0,05, berarti terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 1 Logas Tanah Darat. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning pada kelas eksperimen lebih efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah pada kelas kontrol.

Keywords


Model Pembelajaran; Discovery Learning; Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Almahera, K., Eddison, A., & others. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Curah Pendapat Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IX MTs Ittihadul Muslimin Koto Gasib Kabupaten Siak. JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 397–406.

Anggaira, A. S., Aryanti, N., Eliya, I., & Hidayatulloh, A. N. (2021). Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar (Pertama). Akademia Pustaka.

Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(1), 69–78.

Istianingsih Hermawati, L., & Andayani, E. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru, Model Discovery Learning, dan Gaya Belajar terhadap Kemandirian Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 22–30. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4761

Kartini, D., Sabilla, A., Wulandari, D., Dewi, D. A., & Furmasari, Y. F. (2021). Pengimplementasian Model Discovery Learning pada Pembelajaran PKn di SD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 64–73. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.193

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Pratikto, H., Hurriyati, R., & Suhartanto, E. (2019). Pendidikan, Bisnis, dan Manajemen Menyongsong Era Society 5.0. Baskara Media.

Rini, A. P., Sa’diyah, I. K., & Muhid, A. (2021). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Apakah Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa? Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2419–2429. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/641

Rismasellia, E. (2020). Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Cerita Fantasi dan Hubungannya dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Jatisari Kota Karawang. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 190–198. https://doi.org/10.23969/wistara.v1i2.2309

Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Jawa Barat: Adab.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.56758

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.