ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU INTERAKTIF DALAM MUATAN PEMBELAJARAN SBdP

Almira Chandra Lalita, Herlina Usman, Prayuningtyas Angger Wardhani

Abstract


Seni rupa memiliki peran penting dalam pendidikan sekolah dasar, seni rupa di kenal dengan mata pelajaran SBdP (seni budaya dan prakarya) di sekolah dasar. Fokus utama dalam artikel ini adalah analisis kebutuhan media pembelajaran buku interaktif dalam materi pencampuran warna kelas 3 sekolah dasar. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk Mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa kelas 3 Sekolah Dasar terhadap konsep pencampuran warna dalam mata pelajaran SBdP serta Menganalisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran buku interaktif untuk mempelajari konsep pencampuran warna. Analisis kebutuhan ini di lakukan di SDN Petukangan Selatan 05 dengan jumlah siswa kelas 3 SD sebanyak 25 siswa. Metode penelitian yang di gunakan ialah Research and Development (R&D). Instrumen yang digunakan dalam artikel ini adalah angket dan wawancara. Hasil temuan yang di dapat dari angket dan wawancara adalah, siswa kelas 3 masih kurang memahami konsep pencampuran warna, dan dari hasil wawancara yang di lakukan kepada guru kelas menyatakan bahwa materi pencampuran warna di kelas 3 SD tidak di jelaskan begitu mendalam, melainkan hanya sekilas saja, dalam sekali pertemuan, kesimpulannya ialah media pembelajaran buku interaktif ini di perlukan oleh siswa kelas 3 sekolah dasar, untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep warna dan pencampuran warna serta dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mewarnai.

Keywords


Media pembelajaran, Buku interaktif, pencampuran warna, seni rupa

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S., & Julia, J. (2022). Variasi penggunaan media pembelajaran seni rupa oleh mahasiswa calon guru sekolah dasar. Imaji, 20 (2), 114–124. https://doi.org/10.21831/imaji.v20i2.47266

Dwi Gustyas, A., Mareza, L., Ernawati, A., & Muhammadiyah Purwokerto, U. (n.d.). Kreativitas Guru Sdn 1 Purbalingga Wetan Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP). https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index

Hidayati, S., Saugi, W., Pendidikan Islam Anak Usia Dini, P., Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, F., & Samarinda, I. (n.d.). MENINGKATKAN KEMAMPUAN Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna Di Tk Kehidupan Elfhaluy Tenggarong.

Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, J., Anita Azmi, R., Rukun, K., Maksum, H., Studi Magister Teknologi, P., & Teknik, F. (n.d.). ANALISIS KEBUTUHAN Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jipp, 4.

Saputro, A., & Wijayanti, O. (2021). Tantangan Guru Abad 21 Dalam Mengajarkan Muatan SBdP Di Sekolah Dasar.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.56919

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.