ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

Yanthy Leonita Perdana Simanjuntak, Silvia Dona Sari, Eviyona Laurenta Br Barus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran aktif berbasis proyek dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika pada mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Medan. Pemahaman konsep fisika merupakan aspek kunci dalam pendidikan fisika, namun sering kali mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahaminya. Model pembelajaran aktif berbasis proyek menawarkan pendekatan yang berpotensi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dengan melibatkan mahasiswa secara aktif dalam proyek-proyek fisika yang relevan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini akan mengumpulkan data tentang pemahaman konsep fisika sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Data akan dianalisis untuk mengevaluasi dampak model pembelajaran terhadap pemahaman konsep fisika mahasiswa serta merumuskan rekomendasi untuk pengembangan pendidikan fisika di tingkat perguruan tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi peningkatan kualitas pembelajaran fisika di Universitas Negeri Medan dan institusi pendidikan tinggi lainnya.

Keywords


Pemahaman, Konsep Fisika, Pembelajaran, Proyek

Full Text:

PDF

References


Baran, M., Maskan, A., & Yaşar, Ş. (2018). Learning Physics through Project-Based Learning Game Techniques.. International Journal of Instruction, 11, 221-234. https://doi.org/10.12973/IJI.2018.11215A.

Irawati, I. (2016, October). Lomba Roket Air: Penerapan pembelajaran fisika berbasis proyek. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) (Vol. 5, pp. SNF2016-RND).

Kristanti, Y. D., & Subiki, S. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122-128.

Kurniawati, W., Harjono, A., Gunawan, G., Busyairi, A., & Taufik, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 7(2), 141-146.

Ng, O., Ting, F., Lam, W., & Liu, M. (2020). Active Learning in Undergraduate Mathematics Tutorials Via Cooperative Problem-Based Learning and Peer Assessment with Interactive Online Whiteboards. The Asia-Pacific Education Researcher, 29, 285-294. https://doi.org/10.1007/s40299-019-00481-1.

Prince, M. (2004). Does active learning work? A review of the research. Journal of Engineering Education, 93(3), 223-231. https://doi.org/10.1002/j.2168-9830.2004.tb00809.x

Pringle, R., Dawson, K., & Ritzhaupt, A. (2015). Integrating Science and Technology: Using Technological Pedagogical Content Knowledge as a Framework to Study the Practices of Science Teachers. Journal of Science Education and Technology, 24, 648-662. https://doi.org/10.1007/S10956-015-9553-9.

Rachmawati, I. N., & Gani, A. A. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dengan Analisis Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 189-195.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.57015

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.