PENGUASAAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA KOMPETENSI DASAR KEUTUHAN NKRI

Varika Sarma Purba

Abstract


Penyajian dalam pembelajaran Quantum Teaching merupakan model pembelajaran yang ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan bersama. Model pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal, yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan yang segera (Suarga, 2019). Dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching, karena strategi tersebut bisa diterapkan di SMA. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching bagi siswa SMK Negeri 2 Pematang Siantar. Analisis berupa data kualitatif (hasil observasi kegiatan) dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif persentatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII DPIB yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian diperoleh: (1) Hasil belajar siswa pada aspek tes hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan belajar siswa baik. (2) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran quantum teaching dalam bentuk diskusi menunjukkan bahwa siswa telah mampu melakukan aktivitas diskusi dengan persentase aktivitas siswa dan siklus I ke siklus II cenderung mengalami peningkatan.

Keywords


quantum teaching; keutuhan NKRI; penguasaan; siswa

Full Text:

PDF

References


Aji, Sandi, Utomo, W., wida, D., & Azizah, N. (2018). Analisis Organisasi Kurikulum dan Struktur Kurikulum Anak Usia Kelas Awal Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal PANCAR, 2 (1).

Angraini, T., Saragi, L. N., Jannah, M., & Sopian, M. (2017). Perubahan Paradigma Peran Guru Dalam Pembelajaran Era Digital. Jakarta: Republika.

Asep Abdul Aziz. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Https://www.Smkgiki1.Sch.Id/Read/48/Profil-Pelajar-Pancasila-Dalam-Kurikulum-Merdeka.

Budi Winarto. (2022). Paradigma Baru Pembelajaran di Era Kurikulum Merdeka. Http://Beritamagelang.Id/Kolom/Paradigma-Baru-Pembelajaran-Di-Era-Kurikulum-Merdeka.

Dadang A. Sapardan. (2023). Antara Kurikulum Terpisah dan Kurikulum Integratif. Https://Disdikkbb.Org/News/Antara-Kurikulum-Terpisah-Dan-Kurikulum-Integratif/.

Lulud Prijambodo Ario Nugroho. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dengan Menerapkan Pembelajaran Efektif. Https://Bbgpjateng.Kemdikbud.Go.Id/Blog/Implementasi-Kurikulum-Merdeka-Dengan-Menerapkan-Pembelajaran-Efektif.

Mahdiansyah. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penilaian Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Di Enam Kota) Evaluation Of Assessment System Of Learning Outcomes (A Case Study In Six City). In Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan (Vol. 11, Issue 2).

Muhamad Majdi. (2023). Inovasi Pembelajaran Abad 21: Peluang dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kampus Merdeka Belajar pada STIT Buntet Pesantren Cirebon. Journal of Islamic Education Counseling, 3(1).

Nilawati. (2022). Mengubah Paradigma Pengajaran Menjadi Paradigma Pembelajaran Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Mengubah Paradigma Pengajaran Menjadi Paradigma Pembelajaran, https://bangka.tribunnews.com/2022/06/06/mengubah-paradigma-pengajaran-menjadi-paradigma-pembelajaran. Https://Bangka.Tribunnews.Com/2022/06/06/Mengubah-Paradigma-Pengajaran-Menjadi-Paradigma-Pembelajaran.

Ragamnarasi. (2023). “Perkembangan Pendidikan: Tantangan Abad 21 dan Konsep Kurikulum Merdeka untuk Mengatasi Krisis Moral.” Https://Ragamnarasi.Id/Content/Opini-Artikel/Perkembangan-Pendidikan-Tantangan-Abad-21-Dan-Konsep-Kurikulum-Merdeka-Untuk-Mengatasi-Krisis-Moral.

Slamet Supriyadi. (2023). Mengatasi Tantangan Pendidikan Abad 21 Bagi Generasi Z. Bandung. Bhineka.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Raneka Cipta.

Suarga. (2019). Hakikat, Tujuan Dan Fungsi Evaluasi Dalam Pengembangan Pembelajaran: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. VIII (Issue 2).

Subiyantoro. (2021). Paradigma Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.57086

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.