SURVEI MINAT BACA BAHASA INGGRIS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Yofita Sari, Waluyo Hadi, Muhammad Ismail Faruqi

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan globalisasi yang semakin pesat, mendorong kemahiran berbahasa Inggris menjadi semakin penting dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan global. Salah satu aspek kunci dalam penguasaan bahasa adalah kemampuan membaca. Di tingkat sekolah dasar, periode pembentukan kemampuan membaca bahasa Inggris sangatlah vital, karena fondasi yang kuat dalam membaca akan membawa dampak positif dalam pembelajaran bahasa Inggris maupun disiplin ilmu lainnya di masa depan. Survei ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana minat baca bahasa Inggris siswa di kelas tinggi sekolah dasar berpengaruh terhadap kemampuan membaca mereka dalam bahasa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang memungkinkan untuk mengumpulkan data berupa angka atau data numerik yang kemudian dapat dianalisis secara statistik. Hadil yang di temukan dalam penelitian ini adalah sebanya 61 % siswa memiliki minat literasi yang baik terhadap bahasa inggris. Dapat disimpulkan bahwa minat baca bahasa Inggris berpotensi berpengaruh terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris siswa di kelas tinggi sekolah dasar.


Keywords


Kuantitatif, Minat Baca, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Martha Christina. (n. d. ). Membaca Dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini.

Magdalena Elendiana. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2).

Rachma Amelia. (2023). Kesulitan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid (Vol. 2, Issue 1).

Sondakh, D. C. , Febriani, M. , Fakuktas, S. , Islam, A. , & Pendidikan Guru, D. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. In Karimah Tauhid (Vol. 1, Issue 3).

Sya, M. F. , & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Bahasa Inggris SekolahDasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi. org/10. 30997/dt. v7i1. 2348

Abarca, R. M. (2021). English Competence. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2010, 2013–2015.

Tantri, A. A. S. (2017). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 2(1), 1–29.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i2.57761

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.