KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDIK TINGKAT SD DALAM IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING

Annisa Putri Anggraini, Agnita Siska Pramasdyahsari, Agnes Lita

Abstract


Kolaborasi merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang harus dikuasai oleh peserta didik untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. PjBL sebagai pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah nyata melalui proyek, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi ini dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber pustaka yang relevan, termasuk artikel jurnal, buku, dan laporan penelitian terkait dengan penerapan PjBL dan kemampuan kolaborasi di tingkat SD. Fokus utama mengidentifikasi efek implementasi PjBL terhadap pengembangan kemampuan kolaborasi peserta didik, serta untuk memahami berbagai factor yang mempengaruhi efektivitas model ini dalam konteks pendidikan dasar. Hasil analisis literatur menunjukkan bahwa implementasi PjBL dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik. PjBL memungkinkan peserta didik untuk bekerja dalam kelompok, berkomunikasi secara efektif, menyelesaikan masalah bersama, dan mengelola konflik dengan baik. Faktor-faktor dukungan institusi pendidikan, peran orang tua, dan sumber daya yang tersedia juga memengaruhi keberhasilan implementasi PjBL. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa PjBL adalah pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik di tingkat SD. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pengembangan strategi pembelajaran dan kebijakan pendidikan di masa depan.


Keywords


Project Based Learning, Kolaborasi, Studi Literatur, Pendidikan Dasar

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Buda, C. H., Wardani, N. S., & Prasetyo, A. K. (2022). Pengembangan Problem and Project Based Learning Pasca Covid-19 terhadap Kolaborasi Peserta Didik. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 90–105. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1793

Dwi Rahma Putri, R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Nathalia Husna, E., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Hartati Rismauli, N. U. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling ٥ م ل ع ي م ل ا م ن سن ل ۡ ِ ل ق ل ٱ ِ ب م ل ع ي ِ ل َّ ٱ ِ ٱ م ل ع ٤ م. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Ilmawan, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 820–828. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10546

Islamiati, S. A., Zulfiati, H. M., & Wijayanti, L. (2023). Project Based Learning Berbasis Ajaran Tamansiswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 99–107. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1584

Island, F., Islands, G., Fuke, Y., Iwasaki, T., Sasazuka, M., & Yamamoto, Y. (2021). 福家悠介 1 ・岩﨑朝生 2 ・笹塚 諒 3 ・山本佑治 4. 71(1), 63–71.

Khanifah, L. N., Mustaji, & Nasution. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku Mahasiswa Program Pascasarjana , Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Negeri Surabaya , Dosen Pascasarja. 5(1).

Latifa, L., Rochmiyati, S., & Islamiyati, Y. D. (2023). Meningkatkan Ketrampilan Kolaborasi dengan Model Project Based Learning pada Siswa SD. 2(2).

Maulana, & Mediatati, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 153–163. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi

Pramiswari, E. D., Suwandayani, B. I., & Deviana, T. (2023). Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Mata Issn 2548-9119 Pendahuluan Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang berlangsung sepanjang hidup yang dapat membantu individu selain menda. 7(2), 212–224.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Saleh, C. (2020). MODUL 01 Konsep, Pengertian, dan Tujuan Kolaborasi.

Sari, A. P. K., & Mawardi. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar. 08(September).

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi Siswa. 11(1), 22–31.

Wijiastuti, A., & Susanto, M. R. (2024). Ekplorasi Tari Kreasi Melalui Project Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Dan Kolaborasi Pada Siswa Kelas V Sd. 09.

Yuniartik, H. (2020). Pendidikan Profesi Guru. National Seminar, 1(1), 671–683.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i2.61205

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.