PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI SISWA SMA

Muhammad Irwan Syahputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
dengan metode Brainstorming terhadap peningkatan kemampuan siswa menulis
esai. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil dengan random sampling (acak). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest postest. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest = 64,85±7,62, dengan tiga kategori yaitu kategori baik sebanyak 37,5%, kategori cukup sebanyak 27,5%, dan kategori kurang sebanyak 35%. Sedangkan nilai rata-rata postest = 80,25±9,01, dengan tiga kategori yaitu kategori sangat baik sebanyak 50%, kategori baik sebanyak 37,5%, dan kategori cukup sebanyak 12,5%. Berdasarkan uji beda diketahui bahwa thitung > ttabel, yakni 8,15 > 2,02 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan metode brainstorming terhadap peningkatan kemampuan siswa menulis esai oleh siswa kelas XI SMAN 1 Secanggang


Keywords


Brainstorming, essay, metode pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Al-khatib B.A. 2012. The Effect of Using

Brainstorming Strategy in Developing

Creative Problem Solving Skills among

Female Students in Princess Alia

University College. American

International Journal of Contemporary

Research Vol. 2 No.10

Alwi, Hasan, dkk. 2012. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dugosh KL & Paulus PB. 2005. Cognitive and

social comparison processes in

brainstorming. J. of Experimental Social

Psychology 41: 313–320. Hasibuan, J.J., &

Moedjiono. 2004. Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Rosdakarya

Ibrahim. 2001. Perencanaan Pengajaran. Jakarta:

Rineka Cipta.

Payne, Lucile Vaughan. 2006. The Lively Art of

Writing. New York: Follett Publishing

Company.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Sudjono, Anas. 2007. Pengantar Statistik

Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

persada

Sudjana. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran

Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sugiono. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta

Sutikno, M. Sobry. 2009. Belajar dan

Pembelajaran “Upaya Kreatif dalam

Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil”.

Bandung. Prospect.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i1.6154

Article Metrics

Abstract view : 327 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN