PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
dengan metode Brainstorming terhadap peningkatan kemampuan siswa menulis
esai. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil dengan random sampling (acak). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest postest. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest = 64,85±7,62, dengan tiga kategori yaitu kategori baik sebanyak 37,5%, kategori cukup sebanyak 27,5%, dan kategori kurang sebanyak 35%. Sedangkan nilai rata-rata postest = 80,25±9,01, dengan tiga kategori yaitu kategori sangat baik sebanyak 50%, kategori baik sebanyak 37,5%, dan kategori cukup sebanyak 12,5%. Berdasarkan uji beda diketahui bahwa thitung > ttabel, yakni 8,15 > 2,02 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan metode brainstorming terhadap peningkatan kemampuan siswa menulis esai oleh siswa kelas XI SMAN 1 Secanggang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-khatib B.A. 2012. The Effect of Using
Brainstorming Strategy in Developing
Creative Problem Solving Skills among
Female Students in Princess Alia
University College. American
International Journal of Contemporary
Research Vol. 2 No.10
Alwi, Hasan, dkk. 2012. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dugosh KL & Paulus PB. 2005. Cognitive and
social comparison processes in
brainstorming. J. of Experimental Social
Psychology 41: 313–320. Hasibuan, J.J., &
Moedjiono. 2004. Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Rosdakarya
Ibrahim. 2001. Perencanaan Pengajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Payne, Lucile Vaughan. 2006. The Lively Art of
Writing. New York: Follett Publishing
Company.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta
Sudjono, Anas. 2007. Pengantar Statistik
Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo
persada
Sudjana. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran
Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sugiono. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan.
Bandung: Alfabeta
Sutikno, M. Sobry. 2009. Belajar dan
Pembelajaran “Upaya Kreatif dalam
Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil”.
Bandung. Prospect.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i1.6154
Article Metrics
Abstract view : 366 timesPDF - 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN