TUMBUHKAN LITERASI MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS KONSEP MULTILITERASI, INTEGRATIF, DAN BERDIFERENSIASI

Anggi Deswanty, Kartinah ,, Widya Kusumaningsih, Tatik Mintarsih

Abstract


Membaca dan menulis merupakan kunci untuk mempelajari segala ilmu pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikian penerapan model literasi menulis berbasis MID dan dampak penerapan model tersebut terhadap peningkatan kemampuan literasi menulis peserta didik SDN Gayamsari 01. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada artikel ini menggunakan wawancara dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 yang berjumlah 25. Teknik analisis data adalah teknik analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan tahapan pembelajaran literasi menulis berbasis konsep multiliterasi, integratif, dan berdiferensiasi yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar tahap rendah adalah proses menulis berbasis pola dalam media representasi multimodel. Dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tulisan peserta didik yang tidak hanya menggunakan bahasa verbal tetapi juga dalam bentuk gambar visual dan bahasa seni. Model pembelajaran literasi berbasis MID terbukti memberikan kontriusi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi menulis peserta didik. Dengan kenyataan ini, model pembelajaran literasi berbasis MID sangat diperlukan untuk peningkatan keterampilan menulis dalam berbagai jenis teks.

Keywords


Model Pembelajaran, Literasi, Diferensiasi, MID, Menulis

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796

Fadli, R. I., Nugraha, A. S., Raharjo, R. P., Sulton, A., & Sari, R. H. (2020). Model Pembelajaran Inovatif Guru Sma Abdul Hadi Dengan Strategi Literasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 1–12.

Fuchs, C., Hauck, M., & Müller-Hartmann, A. (2014). Promoting Learner Autonomy Through Multiliteracy Skills Development In Cross-Institutional Exchanges. Language Learning & Technology, 51(06), 51-2973-51–2973. https://doi.org/10.5860/choice.51-2973

Haidar, D., & Salim, D. H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis Edisi Pertama. Kencana.

Hidayati, A., Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., Fitria, D., & Sembiring, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75–80. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.381

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

Kartinah, K., & Prasetyowati, D. (2022). Students ’ Cognitive Engagement in Problem Solving and Online Learning. KnE Sicial Sciences ICESRE 2021 4th International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE), 2022, 1012–1020. https://doi.org/10.18502/kss.v7i14.12051

Kartinah, Prasetyowati, D., Hartadiyati, E., & Haryan, W. (2018). Analysis of Mathematical Communication Ability of Junior High School Students in Learning using Three-Dimensional Teaching Materials. International Journal of Innovative Science and Modern Engineering (IJISME), 5(9), 7–11.

Khoimatun, & Wilsa, A. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(6), 5968–5975.

Klein, N. (2013). Non-performing loans in CESEE: Determinants and impact on macroeconomic performance. International Monetary Fund.

Lestyarini, B. (2013). The Result Of International Literacy Assessment And Its Contribution To Nurture Literacy Culture In Indonesia: A Study From Pirls And Pisa Reports. Literacy, Culture and Technology: From Local to Global Perspective, 1–390.

Navehebrahim, M. (2011). Multiliteracies Approach to empower learning and teaching engagement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 863–868. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.315

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

Rahmasari, F., Muchtar, F. F., Imtinan, S. N., Kamilah, Z. N., & Wulan, N. S. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Multiliterasi di Sekolah Dasar. EduCurio Journal, 1(2), 645–651.

Rosniati, N., Nurmahanani, I., & Sari, N. T. A. (2024). Penerapan Model Multiliterasi Transformasi Berbantuan Media Poster Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(1), 2548–6950.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methode). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i2.62517

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.