DAMPAK MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS

Nasiqoh Zuhroh Agita, Kartinah ,, Endang Wuryandini, Yuni Prihanti

Abstract


Matematika berfungsi mengkomunikasikan pikiran siswa tentang ide dengan jelas, tepat, dan ringkas. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan model Problem Based Learning berbantuan media gambar terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas 1 SDN Mlatiharjo 01. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Pre-Experimental Design jenis One-group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN Mlatiharjo 01 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik samping jenuh yaitu teknik penentuan sampel jika seluruh populasi digunaan sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji paired sampe t-test dan uji N-gain. Berdasakan hasil penelitian didapatkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media gambar berperbedaan positif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik diperoleh dari uji paired sampel t test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan memiliki efektivitas dalam kategori sedang diperoleh dari uji N-gain dengan perolehan skor mean atau rata-rata sebesar 0,36.

Keywords


PBL, Komunikasi Matematis, Diagram

Full Text:

PDF

References


Giovanti, L. L., Buchori, A., Rahmawati, N. D., Studi, P., & Matematika, P. (2023). Efektivitas Problem Based Learning Berbantu Software Geogebra Pada Materi Program Linear Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, Dan Statistika, 4(3), 1765–1776.

Hafidloh, A., Coesamin, M., & Widyastut2. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 182–192.

Kartinah, Prasetyowati, D., Hartadiyati, E., & Haryan, W. (2018). Analysis of Mathematical Communication Ability of Junior High School Students in Learning using Three-Dimensional Teaching Materials. International Journal of Innovative Science and Modern Engineering (IJISME), 5(9), 7–11.

Lagur, D. S., & Makur, A. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(September), 357–368.

Layliyyah, R., Wisudaningsih, E. T., & Rahayu, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2000), 345–351.

Madhavia, P., Murni, A., Saragih, S., & Riau, U. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1239–1245.

Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203–210.

Rosdianah, R., Kartinah, K., & Muhtarom, M. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 120–132. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4458

Salsabila, Z. R., Purwati, H., & Shodiqin, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Majalah Lontar, 34(3), 98–107.

Saputri, L., Rahmadona, I., Aulia, N., & Sinulingga, S. P. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Peserta didik SMP. Jurnal Serunai Matematika, 15(1), 15–20.

Setianingsih, D., Aini, C., & Kristanti, F. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan Saintifik Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Surabaya. Must: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 105–112.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methode). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i2.62635

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.