ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA SMPN 2 PAINAN PESISIR SELATAN

Putri Ramadhan, Sri Rahayu, Wibi Wijaya

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami masalah kenakalan yang menjadi faktor penyebab kenakalan siswa. Tipe penelitian yang digunakan yaitu tipe deskriptif, yaitu suatu bentuk penelitian yang paling dasar, ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena yang bersifat alamiah maupun rekayasa manusia. Hasil penelitian Faktor Penyebab Siswa Mengalami Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Painan Pesisr Selatan terdapat 2 hasil penelitian yaitu faktor internal diantaranya Karena sakit, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan Gangguan kecemasan dan faktor eksternal diantaranya Proes belajar yang tidak menyanangkan, Keterbatasan sarana prasarana, Gangguan Teman sebaya dan Kondisi ekonmi orang tua.

Keywords


Faktor Internal, Faktor Eksternal, Kesulitan Belajar, IPS, Konstruktivisme

Full Text:

PDF

References


Afliani, Yohana. (2020). Guru Dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Aflahah dan Makki, M. Ismail. (2019). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Duta Media Publishing.

Ajat Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Qualitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish

Amral, & Asmar. (2020). Hakikat Belajar & Pembelajaran. Bogor: Guepedia

Busairi, Muhammad. (2020). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mapel IPS Terpadu Kelas VIII Di Sekolah MTS Darul Muttahidin Jorong Desa Beraim Kecamatan Praya Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020,”.

Darman, Regina Ade.(2020). Belajar dan Pembelajaran. Indonesia: Guepedia.

Dewi, Safitri, (2019). Kemampuan Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, volume 25 nomor 1, Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulyadi, (2020). Diagnosa Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i2.62823

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.