ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS

Adella Fernanda Rizky Ramadhan, Bagus Ardi Saputro

Abstract


Keberagaman individu di kalangan peserta didik menciptakan berbagai kebutuhan belajar yang unik, yang seringkali dapat mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran jika tidak diatasi dengan pendekatan yang tepat. Dalam upaya memenuhi kebutuhan ini, pembelajaran berdiferensiasi muncul sebagai solusi strategis yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas VB SDN Palebon 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru dan peserta didik, serta analisis dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan validitas dan keandalan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas VB dilakukan secara efektif dan menghasilkan dampak positif. Proses pembelajaran dimulai dengan tes diagnostik yang dirancang untuk mengidentifikasi gaya belajar peserta didik, seperti visual, auditori, dan kinestetik. Berdasarkan hasil tes diagnostik ini, guru merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang menyesuaikan konten, proses, dan produk pembelajaran dengan kebutuhan individu peserta didik. Guru berupaya untuk menjelaskan pentingnya pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, menekankan bahwa metode ini dirancang untuk memenuhi berbagai minat, profil, dan gaya belajar, sehingga setiap peserta didik dapat belajar secara lebih efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang adaptif untuk memenuhi kebutuhan belajar yang beragam, serta menyoroti dampak positif dari pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas proses pembelajaran di kelas.

Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi; IPAS; Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Bakar, R., & Daulai, A. F. (2021). Dasar-Dasar Kependidikan.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Fitriyah, & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3, 10006–10014.

Kodrat, D. D. (2019). Urgensi Perubahan Pola Pikir Dalam Membangun Pendidikan Bermutu. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.47076/jkpis.v2i1.23

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Google Scholar, 1–58.

Minsih, & Galih, A. (2019). Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20–27. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a6

Mulyana, D. (2003). Metodologi Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 8(1), 11. https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072

Rafika, R. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Game Tournament Berbantu Media Card Sort Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di Mi Ikhwanul Djauhariah. February, 6.

Riyanto, C. P. P. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Al Huda Bandung Kabupaten Tulungagung. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 123–135. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2876

Sakinah, Reffiane, F., & Selunawati, K. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran IPAS Kelas V. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(1), 1. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.16151

Sindy Dwi Jayanti, Agus Suprijono, & M. Jacky. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 22 Surabaya. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 561–566. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.304

Subhan. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di SMPN 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospekti, 7(1), 48–54.

Suhelayanti, Z, S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H., Tangio, J. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Suprayitno, E. (2021). Strategi Meningkatkan Citra Pembelajaran IPS yang Bermakna Menuju Era Society 5.0. Sosial Katulistiwa:Pendidikan IPS, 01(01), 19–20. http://dx.doi.org/10.26418/skjpi.v1i1.47966




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i2.63092

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.