PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KONSEP WAKTU DAN DURASI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Erin Herviana Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti
  • Ma'rifatun
  • Husni Wakhyudin

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpbp.v31i1.63363

Keywords:

problem based learning, pemecahan masalah, waktu dan durasi.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas 2 SDN Kaligawe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Pre-Experimental Design jenis One-group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SDN Kaligawe tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 27 peserta didik dengan 12 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa analisis tes hasil pemecahan masalah matematis dengan peningkatan nilai rata-rata 0,5927 < 0,70 sehingga dikategorikan peningkatan skornya adalah sedang. Besarnya signifikansi pengaruh model problem based learning memberikan pengaruh yang signifikan, terbukti dengan uji paired sample t test dengan hasil nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05.

References

Anggraeni, E. D., Kriswandani, Deswita, Y., & Robithoh, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Interaktif Terintegrasi. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 432“445.

Aurelyasari, S., & Nur, I. R. D. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(1), 16“23. https://doi.org/10.32938/jipm.8.1.2023.16-23

Bayuningsih, A. S., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Analysis of Junior High School Students™ Problem-solving Ability Reviewed from Self-regulated Learning. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 51. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16678

Firdaus, E. A., Pujiastuti, H., & S, C. A. H. F. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 367“382.

Firmansyah, Sukarno, Kafrita, N., & Al Farisi, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Physics and Science Education Journal (PSEJ, 2(2), 75“82.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53“61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Hendriani, M., Melindawati, S., & Mardicko, A. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Siswa SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 892“899. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.477

In™am, A. (2015). Menguak Penyelesaian Masalah Matematika. Aditya Media Publishing.

Intan, N., & Putra, B. Y. G. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Statistika: Implementasi Model Problem-Based Learning. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 97“116. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6713

Karantzas, G. C., Avery, M. R., MacFarlane, S., Mussap, A., Tooley, G., Hazelwood, Z., & Fitness, J. (2013). Enhancing critical analysis and problem-solving skills in undergraduate psychology: An evaluation of a collaborative learning and problem-based learning approach. Australian Journal of Psychology, 65(1), 38“45. https://doi.org/10.1111/ajpy.12009

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1“12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidik (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (Edisi Revisi). Rajawali Pers.

Kusuma, A. S., & Nurmawanti, I. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1922“1934. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1890

Madhavia, P., Murni, A., Saragih, S., & Riau, U. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1239“1245.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principle and Standart for School Mathematics. Reston: The National Council of Teacher Mathematics. Inc.

Polya, G. (2010). How to Solve it. In Stochastic Optimization in Continuous Time. https://doi.org/10.1017/cbo9780511616747.007

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN DAN DERET. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175“187.

Ristanty, D. W., & Pratama, F. W. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1648“1658.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methode). Alfabeta.

Wulandari, S., Pranata, O. H., & Suryana, Y. (2018). Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 112“119.

Downloads

Published

2025-06-03

Issue

Section

MARET 2025