MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT BERKONJUNGSI

Authors

  • Widya Sonia Hargiarti Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti
  • Asfijatun
  • Ida Dwijayanti

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpbp.v31i1.63378

Keywords:

Problem based learning, wordwall, konjungsi, kemampuan menulis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model problem-based learning berbantuan media wordwall terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas IV SDN Palebon 02. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design (Satu Kelompok Pretes-Postes) desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Palebon 02 tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji paired sampel t-test. Hasil penelitian di atas setelah dilakukan penerapan model problem based learning berbantuan media wordwall terhadap kemampuan menulis bahasa Indonesia pada materi kalimat berkonjungsi peserta didik kelas IV SD Negeri Palebon 02 diperoleh bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik diperoleh dari uji paired sampel t test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.

References

Alin Nur Widia, Griet Hellena Laihad, & Nur Hikmah. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(2), 110“114. https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i2.619

Anggraeni, E. D., Kriswandani, Deswita, Y., & Robithoh, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Interaktif Terintegrasi. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 432“445.

Bilal, A. I., Rezkillah, I. I., Khaerudin, Sulistiyani, A., Sudarto, Y., & Milandari, B. D. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Iv Sdn 2 Pringgajurang Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Telaah, 9(1), 13“17. http://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah

Dailami, Sudarti, N., & Sartika, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Journal of Education Research, 4(1), 149“157. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.298

Fau, H. S., Laia, A., & Ndruru, K. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinatif dalam Karangan Argumentasi. Jurnal Education and Development, 9(2), 626“630. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2958

Gani, R. H. A., Supratmi, N., Wijaya, H., & Irfan, M. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa VII SMP NWDI Pancor Kopong. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 4(1), 51“61.

Gunawan, P. N., & Heryanto, D. (2019). Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Berdasarkan PUEBIDI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Dan Sekolah Dasar, 4(II), 284“292.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1“12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Madhavia, P., Murni, A., Saragih, S., & Riau, U. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1239“1245.

Nababan, I. A., Siahaan, F. E., Situmeang, S. A., & Siahaan, S. (2023). PENINGKATAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BAGI SISWA SD NEGERI No . 095175 PARBUNGAAN. AsiaCALL Online Journal, 3(095175), 17.

Putri, M., Septyanti, E., & Permatasari, S. (2023). Korelasi Penguasaan Konjungsi dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Kelas X Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 4 Pekanbaru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5368“5374. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2404

Saragih, S. T. D., & Wuriyani, E. P. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Materi Teks Negosiasi Oleh Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Pembelajaran 2023 / 2024. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya (MORFOLOGI), 2(4).

Simanjuntak.H. (2023). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Kemampuanmenulis Teks Puisi Pada Siswa “Siswi Kelas Viii Smp Hkbp Sidorame Medan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6 No. 4(4), 337“344. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Siti Fatimah Zahara, Siregar, K., & Harahap, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Jambi Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 95“100. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.244

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Junal Konsepsi, 9(2), 72-81

Syamsidah dan Hamidah Suryani (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. --Ed.1, Cet. 1--Yogyakarta: Deepublish, Mei-2018

Tahany, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pekanbaru Tahun Pembelajaran 2023 / 2024 Problem Based Learning demi terlaksananya pembelajaran yang efektif . Problem Base. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(2), 97“104.

Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 49. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676

Zebua, T. (2022). Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Ejaan dan Tanda Baca Dalam Menulis Pengalaman Pribadi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 320“325. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.56.

Downloads

Published

2025-06-03

Issue

Section

MARET 2025