MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT BERKONJUNGSI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpbp.v31i1.63378Keywords:
Problem based learning, wordwall, konjungsi, kemampuan menulisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model problem-based learning berbantuan media wordwall terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas IV SDN Palebon 02. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design (Satu Kelompok Pretes-Postes) desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Palebon 02 tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji paired sampel t-test. Hasil penelitian di atas setelah dilakukan penerapan model problem based learning berbantuan media wordwall terhadap kemampuan menulis bahasa Indonesia pada materi kalimat berkonjungsi peserta didik kelas IV SD Negeri Palebon 02 diperoleh bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik diperoleh dari uji paired sampel t test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.References
Alin Nur Widia, Griet Hellena Laihad, & Nur Hikmah. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(2), 110“114. https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i2.619
Anggraeni, E. D., Kriswandani, Deswita, Y., & Robithoh, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Interaktif Terintegrasi. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 432“445.
Bilal, A. I., Rezkillah, I. I., Khaerudin, Sulistiyani, A., Sudarto, Y., & Milandari, B. D. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Iv Sdn 2 Pringgajurang Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Telaah, 9(1), 13“17. http://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah
Dailami, Sudarti, N., & Sartika, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Journal of Education Research, 4(1), 149“157. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.298
Fau, H. S., Laia, A., & Ndruru, K. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinatif dalam Karangan Argumentasi. Jurnal Education and Development, 9(2), 626“630. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2958
Gani, R. H. A., Supratmi, N., Wijaya, H., & Irfan, M. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa VII SMP NWDI Pancor Kopong. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 4(1), 51“61.
Gunawan, P. N., & Heryanto, D. (2019). Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Berdasarkan PUEBIDI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Dan Sekolah Dasar, 4(II), 284“292.
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1“12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Madhavia, P., Murni, A., Saragih, S., & Riau, U. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1239“1245.
Nababan, I. A., Siahaan, F. E., Situmeang, S. A., & Siahaan, S. (2023). PENINGKATAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BAGI SISWA SD NEGERI No . 095175 PARBUNGAAN. AsiaCALL Online Journal, 3(095175), 17.
Putri, M., Septyanti, E., & Permatasari, S. (2023). Korelasi Penguasaan Konjungsi dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Kelas X Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 4 Pekanbaru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5368“5374. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2404
Saragih, S. T. D., & Wuriyani, E. P. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Materi Teks Negosiasi Oleh Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Pembelajaran 2023 / 2024. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya (MORFOLOGI), 2(4).
Simanjuntak.H. (2023). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Kemampuanmenulis Teks Puisi Pada Siswa “Siswi Kelas Viii Smp Hkbp Sidorame Medan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6 No. 4(4), 337“344. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Siti Fatimah Zahara, Siregar, K., & Harahap, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Jambi Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 95“100. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.244
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Junal Konsepsi, 9(2), 72-81
Syamsidah dan Hamidah Suryani (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. --Ed.1, Cet. 1--Yogyakarta: Deepublish, Mei-2018
Tahany, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pekanbaru Tahun Pembelajaran 2023 / 2024 Problem Based Learning demi terlaksananya pembelajaran yang efektif . Problem Base. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(2), 97“104.
Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 49. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676
Zebua, T. (2022). Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Ejaan dan Tanda Baca Dalam Menulis Pengalaman Pribadi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 320“325. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.56.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).