PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MEDIA MIND MAPING MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Laila Zulfa Universitas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi Universitas Muria Kudus
  • Muhammad Rustanto SD 3 Wergu Wetan
  • Juli Karkantari SD 3 Wergu Wetan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpbp.v31i1.65593

Abstract

Menulis merupakan aktivitas pengekspresian ide, gagasan, pikiran atau perasaan dalam lambang kebahasaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks prosedur dengan model project based learning berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas IV SD 3 Wergu Wetan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 3 Wergu Wetan yang berjumlah 23 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian di atas setelah dilakukan penerapan model project based learning berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan menulis teks prosedur diperoleh peningakatan setiap indikator kemampuan menulis meliputi (1) isi mengalami peningkatan sebanyak 20%, (2) struktur mengalami peningkatan sebanyak 10%, (3) ciri kebahasaan mengalami peningkatan sebanyak 14%, dan (4) kaidah penulisan mengalami peningkatan sebanyak 26%.

Author Biographies

Ika Ari Pratiwi, Universitas Muria Kudus

Pendidikan Profesi Guru

Muhammad Rustanto, SD 3 Wergu Wetan

SD 3 Wergu Wetan

Juli Karkantari, SD 3 Wergu Wetan

SD 3 Wergu Wetan

Downloads

Published

2025-06-03

Issue

Section

MARET 2025