PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI STAD DI SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Authors

  • Febrianto Budiman Putra
  • Ade Marisa
  • Annisa Ramadhani
  • Chelsa Artamevia
  • Elda Tinari Putri
  • Poppy Arista Febriani Feby Universitas Riau
  • Esmawati
  • Hambali

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpbp.v31i1.65767

Keywords:

pembelajaran STAD, hasil belajar, pendidikan pancasila

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas XI.4 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Hal ini diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kurangnya stimulus kepada peserta didik serta pembelajaran yang kurang interaktif, dan kolaboratif. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran STAD yang dilakukan di kelas XI.4 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan, menganalisis, mengolah, dan menyajikan data, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 44 peserta didik. Peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan beberapa tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil akhir penelitian menunjukkan kemajuan belajar peserta didik dalam pembelajaran, Pada pengujian pra test peserta didik memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 73,6 yang tergolong baik. Siklus pertama mengalami peningkatan yaitu dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 77,8 yang tergolong baik, dan pada siklus kedua diperoleh peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 86,3 yang tergolong sangat baik. Sehingga model pembelajaran STAD dinyatakan dapat memberi peningkatkan terhadap hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Pancasila.

Downloads

Published

2025-06-03

Issue

Section

MARET 2025