PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI STAD DI SMA NEGERI 2 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpbp.v31i1.65767Keywords:
pembelajaran STAD, hasil belajar, pendidikan pancasilaAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas XI.4 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Hal ini diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kurangnya stimulus kepada peserta didik serta pembelajaran yang kurang interaktif, dan kolaboratif. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran STAD yang dilakukan di kelas XI.4 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan, menganalisis, mengolah, dan menyajikan data, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 44 peserta didik. Peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan beberapa tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil akhir penelitian menunjukkan kemajuan belajar peserta didik dalam pembelajaran, Pada pengujian pra test peserta didik memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 73,6 yang tergolong baik. Siklus pertama mengalami peningkatan yaitu dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 77,8 yang tergolong baik, dan pada siklus kedua diperoleh peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 86,3 yang tergolong sangat baik. Sehingga model pembelajaran STAD dinyatakan dapat memberi peningkatkan terhadap hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Pancasila.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Febrianto Budiman Putra, Ade Marisa, Annisa Ramadhani, Chelsa Artamevia, Elda Tinari Putri, Poppy Arista Febriani Feby, Esmawati, Hambali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).