INSTRUMEN EVALUASI KUALITAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH (PERANGKAT, PROSES, DAN EVALUASI) DI MEDAN

Authors

  • Wawan Bunawan Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan
  • Satria Mihardi Universitas Negeri Medan
  • Trisnawati Hutagalung
  • Choms Gary Ganda Tua Sibarani
  • Khairul Usman

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpbp.v31i1.66420

Keywords:

Instrumen, Evaluasi, Kualitas, Pendidikan

Abstract

Penjaminan mutu pendidikan memerlukan sistem evaluasi yang sistematis, integratif, dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kualitas pendidikan sekolah menengah melalui pengembangan dan penerapan instrumen pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) yang mencakup perangkat, proses, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan hasil program inisiasi LPPM Universitas Negeri Medan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan sekolah mitra. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif melalui survei dengan instrumen evaluatif berbasis IPAS yang diisi oleh 47 guru dari berbagai sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pembelajaran, kompetensi guru, penggunaan media, dan sarana pembelajaran memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan mutu akademik siswa. Temuan ini memperkuat pentingnya integrasi antara asesmen pembelajaran, perangkat ajar, dan kompetensi guru dalam penjaminan mutu pendidikan. Rekomendasi diarahkan pada penerapan siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) secara berkelanjutan di tingkat sekolah.

Author Biography

Wawan Bunawan, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan

ID SINTA : https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6645434 ID GOOGLE SCHOLAR : https://scholar.google.co.id/citations?user=4yIzz8QAAAAJ&hl=id&oi=ao

Downloads

Published

2025-06-03

Issue

Section

MARET 2025