PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA BUSANA COSTUM MADE DI SMK NEGERI 2 BUKITTINGGI

Debi Novita, Sri Zulfia Novrita

Abstract


Riset ini memiliki latar belakang persepsi siswa mengenai media pembelajaran yang dipakai saat daring kurang efektif, mulai dari tampilan media yang kurang menarik, hingga kurangnya kemudahan dalam memahami materi, serta akses media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa Jurusan Tata Busana di SMK N 2 Bukittinggi mengenai media yang dipakai pada pembelajaran daring saat pandemi COVID-19 pada Busana Costum Made. Jenis riset ini adalah kuantitatif secara deskriptif. Terdapat 35 orang sebagai populasi yang merupakan siswa kelas XII Tata Busana SMK Negeri 2 Bukittinggi yang sudah belajar Busana Costum Made pada kelas XI. Pengambilan sampel penelitian ini yaitu dengan cara total sampling untuk mendapatkan persepsi siswa tentang media pembelajaran dalam jaringan saat pandemi COVID-19. Angket digunakan sebagai instrumen pada penelitian ini. Data hasil riset diuraikan menggunakan uraian kuantitatif secara deskriptif dengan melihat persentase yang diperoleh. Dari analisis data, diperoleh hasil mengenai persepsi siswa terhadap tampilan media, kemudahan dalam memahami materi, dan kemudahan akses media pembelajaran daring berada pada kategori tidak baik. Hal ini digambarkan dari perolehan skor standar deviasi pada tampilan media yaitu 54,8%, kemudahan dalam memahami materi 57,6%, dan kemudahan akses 57,6%.


Full Text:

PDF

References


Fauzani, A. R., Novrita, S. Z., & Dewi, S. M. (2018). Pengembangan Modul E-Book Pada Mata Kuliah Perawatan Kulit Wajah Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(4), 173-180.

Fitria, R., Nazar, E., Nelmira, W., & Sahara, N. Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Menjahit Busana pada Mata Kuliah Busana Dasar di IKK FPP UNP. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 8(1), 19-29.

Hasanah, I., & Ernawati, E. Persespsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Workshop Tata Busana Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 8(2), 397-402.

Miarso. 2004. Media Belajar Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Nelmira, W., Ernawati, E., & Adriani, A. (2012). Pengembangan CD Interaktif Berbasis Tutorial untuk Media Pembelajaran Grading Mahasiswa Jurusan KK FT UNP.

Permendikbud No.109/2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi.

Suradika, A., Gunadi, A. A., & Jaya, S. A. (2020, October). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An-Nizomiyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Wahid, Abdul Hamid. 2021. "Problematika Pembelajaran Fiqih Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh." Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Ys, A. S., & Nelmira, W. (2019). Pengembangan CD Interaktif Berbasis Tutorial Mata Kuliah Gambar Anatomi Mahasiswa Tata Busana Jurusan IKK FPP UNP. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 8(1), 43-49.

Yulandari, C., Ernawati, E., & Nelmira, W. (2018). Persepsi Mahasiswa D3 Tata Busana Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang untuk Berwirausaha. Journal of Home Economics and Tourism, 14(1).




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v2i1.33028

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.