PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH PELENGKAP BUSANA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA JURUSAN PKK FT UNM

Nurhijrah Nurhijrah, Syarifah Suryana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa konsentrasi Tata Busana Jurusan PKK FT-UNM, untuk mengetahui minat berwirausaha mahasiswa konsentrasi Tata Busana Jurusan PKK FT-UNM, untuk mengetahui kesiapan berwirausaha mahasiswa konsentrasi Tata Busana mahasiswa Jurusan PKK FT-UNM dan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar mata kuliah pelengkap busana terhadap minat berwirausaha mahasiswa Tata Busana Jurusan PKK FT- UNM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa angkatan 2013 sampai 2015 jurusan PKK konsentrasi Tata Busana FT-UNM yang telah lulus mata kuliah pelengkap busana dan sampel penelitian sebanyak 109 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar mata kuliah pelengkap busana berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 63,3% dan minat berwirausaha berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 56% serta kesiapan berwirausaha menunjukkan kecenderungan tinggi. Berdasarkan analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar mata kuliah pelengkap busana berpengaruh positif terhadap minat beriwirausaha pada mahasiswa konsentrasi Tata Busana Jurusan PKK FT-UNM dengan harga koefisien regresi 0,377 pada sig   0,000 < 0,05. Persamaan regresi Y = 61,266 + 0,367 X


Full Text:

PDF

References


Benyamin S. Bloom.2006. Evaluasi Hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ensin, sintawati. 2016. Bahan Ajar mata Kuliah Pelengkap Busana. Malang: UPT UNNES press.

Ningrum.T.2013. Pengaruh Prestasi Belajar Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Di Universitas Muhammadiyah Puworejo. (Online). Junal Oikonomia Vol. 2 No. 3 (https://media.neliti.com, Diakses 21 Agustus 2017).

Sudirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2012. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya

Benyamin S. Bloom.2006. Evaluasi Hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka pelajar




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v2i1.33850

Article Metrics

Abstract view : 240 times
PDF - 182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot gacor slot