PENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI KELAS XI TATA BUSANA SMK PANGERAN ANTASARI

Dermawan Dermawan

Abstract


Waktu yang tersedia untuk kegiatan praktek pembelajaran pembuatan busana industri tidak memenuhi guna pencapaian tujuan pembelajaran dan media belajar berupa Jobsheet yang kurang menarik dan bersifat hand out sehingga sulit dipahami oleh siswa secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pada mata pelajaran pembuatan busana industri kelas XI SMK. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembanagan Four-D dalam mengembangkan modul. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Tata Busana. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi dan wawancara. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif statistik kualitatif dan deskriptif statistik kuantitatif. Hasil penelitian yaitu validitas modul dinyatakan valid dengan nilai 0,84 > 0,67, Praktikalitas modul dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata 88 dan berdasarkan respon siswa modul dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata 84. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa modul dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dan efektif meningkatkan aspek pengetahuan siswa dilihat dari hasil tugas pembuatan busana rumah anak yang dihasilkan.


Full Text:

PDF

References


Ansyar. 2011. Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Press.

Aqib, Zainal. 2013. E-Learning. Bandung: PT. Media Press.

Arikuto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan, Deni. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 3, No 2, Oktober 2016 (166-182).

Daryanto, Aris. 2014. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daryati. 2003. Dasar-Dasar Menjahit Tingkat Sedang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depniknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dermawan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantu Jobsheet terhadap Hasil Belajar Pembuatan Kemeja Pria Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan. Undergraduate Thesis, UNIMED.

Djati, Pratiwi, dkk. 2001. Pola Dasar dan Pecah Pola. Yogyakarta: Kanisius.

Education, IT. 2008. Multimedia Konsep dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Corp.

Erlan. 2017. Media dan Strategi Pembelajaran Konseptual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya.

Ernawati, dkk. 2008. Tata Busana Untuk SMK Jilid 2. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Fatmawati, D. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Pembuatan Busana Sekolah Anak Perempuan untuk Siswa Kelas XI Busana Butik di SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Hakim, Abdul Barir. 2016. Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. Jurnal I-Statement, 2(1), 1-6.

Handayani, S. 2018. Penerapan Media Video Pembelajaran pada Kompetensi Dasar Membuat Pola Dasar Rok Secara Konstruksi di Kelas X Tata Busana 3 SMK Negeri 6 Surabaya. Jurnal Tata Busana, 7(2).

Hujair. 2009. Media dan Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Iftakhar, Shampa. 2016. Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Sosial Sciences, 3, 12-18.

Kadek, I. 2016. Modul Elektornik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kemendikbud. 2011. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 T/A 2014/2015, Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2014. Panduan Pengembangan Modul Elektronik. Jakarta; Dirjendikti.

Kemendikbud. 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kusuma, Alam Budi & Widi Astuti. 2019. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom. Jurnal Lahjah Arabiyah, 1(1), 67-89.

Nasution, S. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Newby, J Timoty. 2000. A Review of Research on Project Based Learning. California: The Autodesk Foundation.

Nisrokha. 2015. Teknik Mengembangkan Modul Mata Kuliah Sejarah Pendidikan Islam. Jurnal Madaniyah.

Riduwan. 2012. Dasar-dasar Statistika. Bandung: CV Alfabeta.

Riyana. 2008. Media Interaktif. Bandung: Akademika.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Rusman, dkk. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Saadah, M. 2016. Pembuatan Media Interaktif pada Materi Grading Pola Dasar. Jurnal Tata Busana, 6(1).

Santyasa, I Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah yang disajikan Pelatihan bagi guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Bali 12–14 Januari 2009, Singaraja; Universitas Pendidikan Ganesha.

Simamora, Roymond H. 2009. Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada

Sudjana, Rivai. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sujadi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, 2005. Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v2i2.39491

Article Metrics

Abstract view : 287 times
PDF - 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot gacor slot